5 Manfaat Cumi untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

shares

Indonesia merupakan negara dengan latar belakang budaya yang beragam serta budaya tersebut masih kental keberadaanya. Adanya banyak kebudayaan ini membuat beberapa hal juga telah diatur di adat-istiadat sehingga segala tindak dan tanduk seseorang, akan selalu berorientasi di hal yang sudah ditetapkan dengan cara budaya. Hal ini juga berlaku di kehamilan, tak Bisa dipungkiri lagi bahwa biasanya di masing-masing daerah mempunyai mitos tersendiri mengenai masa kehamilan. Termasuk berbagai hal yang dianjurkan atau menjadi pantangan untuk dilakukan.



Untuk para ibu hamil yang tinggal di daerah perkotaan mungkin sudah Bisa lepas dari segala mitos kehamilan dan lebih fokus di fakta ilmiah di sesuatu hal yang akan dilakukan. Namun untuk ibu hamil yang masih berada di pedesaan akan tetap menjalani kebudayaan ini. Disorientasi satu mitos mengenai kehamilan merupakan ibu hamil tak boleh mengkonsumsi Boga Bahari diantaranya merupakan cumi-cumi. Budaya mengenai ibu hamil Disorientasi satunya merupakan ngidam. tak jarang juga bahwa banyak ibu hamil yang ngidam makan cumi namun, ternyata mereka wajib membendung keinginannya tersebut di karenakan adanya mitos ibu hamil tak boleh makan cumi.

Mitos Kehamilan mengenai Makan Cumi-cumi

Mitos mungkin memang ada benarnya namun, wajib diketahui juga alasan dibalik semuanya apakah sesuai dengan fakta ataukah hanya sekedar mitos tak berdasar aja. Hal ini juga berlaku di mitos makan cumi untuk ibu hamil. Mitos yang berkembang selama ini merupakan ibu hamil yang makan cumi maka anaknya akan lahir dengan jari yang banyak (lebih dari lima tiap tangan dan kakinya). Hal ini dikarenakan bahwa cumi mempunyai bagian tubuh semacam kaki yang jumlahnya banyak. Namun tentu aja hal ini tak Bisa dibenarkan bila memang alasannya demikian.

Keadaan bayi lahir dengan jari banyak atau juga istilah medisnya merupakan polidaktili merupakan kondisi yang dikarenakan di karenakan faktor genetik atau faktor keturunan bukan di karenakan Boga yang dikonsumsi. Jadi ini tentu aja tak benar adanya mengenai mitos tersebut.

Nah, kali ini juga aka dibahas mengenai manfaat cumi untuk ibu hamil supaya para ibu hamil tak takut lagi saat hendak mengkonsumsi cumi-cumi, selengkapnya simak berikut ini :

1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Kerangka Bayi

Manfaat pertama dari cumi untuk ibu hami yang pertama merupakan Bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang terutama di bagian kerangka bayi bayi yang masih di dalam kandungan. Hal ini tak lain dikarenakan kandungan gizi dan nutrisi yang sangat bagus di dalam cumi. Bahkan cumi mempunyai kandungan gizi yang lebih bagus dibandingkan dengan Fauna Bahari lainnya. di dalam cumi terdapat kandungan protein yang cukup tinggi sebesar 17,9 g tiap gramnya di cumi segar. Cumi juga tak mempunyai tulang belakang sehingga lebih mudah dicerna apalagi ditambah dengan adanya asam amino essential dan mineral penting lainnya yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang kerangka bayi.

2. Mengandung Banyak Vitamin

di dalam cumi juga terdapat berbagai jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil untuk kesehatan dirinya dan juga untuk kesehatan bayi. Di dalam cumi setidaknya terdapat beberapa jenis vitamin diantaranya merupakan vitamin B1 (tiamin), B2, B12, manfaat asam folat serta vitamin lainnya yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan k.

3. Membentuk Sel Darah Merah

di kondisi hamil, ibu wajib mempunyai kadar tekanan darah yang normal juga pasokan sel darah merah yang cukup. inilah yang membuat ibu hamil juga Bisa mengkonsumsi cumi supaya Bisa membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Bukan hanya kandungan vitamin, omega 3 dan protein yang dimiliki oleh Fauna Bahari aja, namun menurut penelitian yang dilakukan ternyata cumi juga mempunyai kandungan tembaga yang cukup tinggi sehingga Bisa membantu produksi sel darah merah yang lebih optimal. Seperti yang diketahui bersama bahwa kandungan hemoglobin di dalam darah sangat penting, di karenakan merupakan pembawa oksigen ke dalam seluruh jaringan di dalam tubuh. Hal ini membuat ibu hamil lebih rendah terkena resiko anemia atau tekanan darah rendah.

4. Mengoptimalkan Sel Darah Putih

Tentunya kalian sudah tahu bukan mengenai keunikan yang dimiliki oleh cumi yaitu akan mengeluarkan tinta saat dirinya sedang melawan musuh sebagai tips dirinya mempertahankan diri. bila kalian masak cumi mungkin juga tintanya masih ada di dalam cumi, nah ternyata tinta yang menjadi senjata ampuh cumi ini juga mempunyai manfaat untuk manusia yaitu Bisa digunakan sebagai pengaktif sel darh putih. Sel darah putih sendiri sangat bermanfaat untuk tubuh untuk melawan berbagai penyakit atau sebagai perlindungan diri untuk manusia dari berbagai virus, kuman, bakteri serta kuman. Dengan mengkonsumsi cumi ini juga membuat kalian lebih terhindar dari penyakit seperti kanker dan tumor.

5. Menambah Nafsu Makan

Ibu hamil tentunya tak boleh kekurangan nutrisi dan gizi ya, dan hal tersebut Bisa didapatkan dari asupan Boga dan minuman yang dikonsumsi. Oleh di karenakan itu untuk ibu hamil sebaiknya jangan hingga mendapatkan kekurangan nafsu makan bahkan seharusnya idealnya nafsu makan wajib bertambah dua kali lipat dibandingkan dengan saat tak hamil. Nah, untuk ibu hamil yang mendapatkan masalah mengenai nafsu makan Bisa mencoba untuk mengkonsumsi cumi untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan di karenakan adanya kandungan mineral di dalam cumi seperti riboflavin dan zat niasin yang akan membuat pencernaan menjadi lebih lancar serta membuat bagian lambung dan usus menjadi lebih enak sehingga Bisa menyebabkan nafsu makan bertambah.

Itulah manfaat yang akan di dapatkan oleh ibu hamil saat mengkonsumsi cumi. Jadi di intinya tak ada Embargo untuk ibu hamil untuk mengkonsumsi cumi. Namun bila kalian masih ragu maka sebaiknya kalian konsultasikan aja dengan dokter untuk mendapatkan resep dan porsi cumi yang tepat untuk ibu hamil. bila kalian memang mempunyai riwayat alergi terhadap Fauna Bahari maka sebaiknya kalian untuk tak mengkonsumsi cumi di karenakan juga Bisa memperburuk keadaan bukan hanya untuk ibu hamil aja juga untuk bayi yang ada di dalam kandungan.

Cumi ini selain enak juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. jadi bagus kalian sedang hamil atau tak, terlepas dari kalian tak mempunyai alergi dengan cumi maka kalian Bisa dengan aman mengkonsumsi cumi.

Related Posts