7 Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil dan Janin

shares

Rambutan yaitu Disorientasi satu buah yang masuk dalam kategori suku lerak- lerakan atau Sapindaceae. Rambutan ini tergolong ke dalam Flora tropis. Asal mula Flora rambutan ini dari daerah Asia Tenggara. Asal mula nama rambutan ini di karenakan kulit buah ini banyak terdapat serabut yang menyerupai rambut, sehingga disebut dengan rambutan. Rambutan ini merupakan buah yang mempunyai cita rasa manis dan terkadang cenderung masam. Buah ini juga mempunyai kandungan air yang cukup banyak sehingga terasa menyegarkan. Rambutan ini banyak dijumpai atau banyak tumbuh di daerah Afrika, Kamboja, Amerika Tengah, Karibia, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan juga Sri Lanka.



Kandungan Nutrisi di Rambutan

Seperti halnya jenis buah- buahan lainnya, rambutan juga mempunyai kandungan vitamin yang banyak. Vitamin yang terkandung dalam buah rambutan bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa kandungan nutrisi atau gizi yang ada di buah rambutan antara lain:

  • Energi
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Lemak
  • Protein
  • Jenis vitamin meliputi: Thiamine, Riboflavin, Niacin, Vitamin B6, Folate, Vitamin C
  • Jenis Mineral meliputi: Kalsium, Iron. Magnesium, Manganese, Phosphorus, Potassium, Sodium, Zinc

Itulah beberapa jenis nutrisi atai zat gizi yang terkandung di dalam buah rambutan. Berbagai kandungan gizi tersebut pastilah mempunyai manfaat untuk tubuh manusia. Lalu, manfaat apa sajakah yang akan diperoleh dari pengonsumsian buah rambutan ini?

Manfaat Rmbutan untuk Kesehatan

Buah rambutan terbukti mempunyai kandungan gizi yang banyak. Kita akan menjumpai beragam manfaat dari mengonsumsi buah rambutan ini. manfaat yang Bisa kita peroleh antara lain:

  1. Sebagai buah pencegah kanker
  2. Melindungi diri dari radikal bebas
  3. Mencegah kekurangan vitamin C
  4. Melancarkan pencernaan
  5. Mencegah anemia
  6. Mencegah kekurangan vitamin A
  7. Menyembuhkan penyakit hipertensi
  8. Penyembuhkan penyakit Diare 
  9. Menyembuhkan penyakit radang
  10. Menyembuhkan penyakit kolesterol berlebih
  11. Membantu program diet
  12. Membantu menjaga kesehatan ginjal
  13. Mengatasi terjadinya masalah kehamilan

Itulah beberapa manfaat yang Bisa kita peroleh dari pengonsumsian buah rambutan ini. dari ketigabelas manfaat rambutan di atas, Disorientasi satunya yaitu mengatasi masalah saat hamil. Hal ini menandakan bahwa rambutan mempunyai manfaat tersendiri untuk ibi hamil. Lalu, apa aja manfaat yang diberikan rambutan kepada ibu hamil?

Manfaat Rambutan untuk Ibu Hamil

Buah rambutan merupakan Disorientasi satu buah yang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah rambutan mempunyai beragam manfaat untuk ibu hamil. Beberapa manfaat buah rambutan untuk ibu hamil antara lain :

1. Sebagai antioksidan alami untuk ibu hamil

Buah rambutan kaya akan vitamin C untuk ibu hamil. Vitamin C ini akan berperan sebagai antioksidan alami untuk menjaga ibu dari Agresi radikal bebas.

2. Sebagai sumber energi untuk ibu hamil

Disorientasi satu kandungan zat gizi yang terdapat di buah rambutan yaitu karbohidrat. Karbohidrat ini akan menjadi sumber energi yang bagus untuk ibu.

3. Membantu penyerapan zat besi

Vitamin C yang ada di buah rambutan juga berfungsi membantu penyerapan Manfaat zat besi untuk ibu hamil sehingga akan mempertajan kesadaran ibu hamil.

4. Mencegah anemia

di karenakan kemudahan menyerap zat besi maka ibu hamil akan mendapatkan asupan zat besi yang cukup sehingga akan terhindar dari anemia di ibu hamil.

5. Menjaga kesehatan tulang dan otot ibu hamil

Buah rambutan banyak mengandung kalsium dan juga fosfor yang berfungsi menjaga kesehatan tulang serta otot di ibu hamil. Selain itu kalsium juga berfungsi untuk pembentukan serta penguatan tulang.

6. Banyak mengandung asam folat

Buah rambutan ternyata yaitu Disorientasi satu buah yang banyak mengandung manfaat asam folat untuk ibu hamil. Asam folat ini merupakan zat yang sangat penting yang dibutuhkan oleh janin yang ada di dalam kandungan ibu untuk perkembangan janin dan otaknya.

7. Memperlancar proses pencernaan ibu

Kandungan serat yang ada di dalam rambutan membantu ibu dalam melancarkan proses pencernaan.

Itulah berbagai manfaat yang diberikan rambutan kepada ibu hamil. Namun pengonsumsian rambutan dalam jumlah yang Lebih juga tak dianjurkan di karenakan tak bagus untuk kesehatan ibu.

Related Posts