Pola Makan Bayi 12 Bulan – Kebutuhan, Jadwal dan Boga Terbaik

shares

kita pasti merasa sangat gembira saat bayi sudah genap berusia 1 tahun. Perkembangan bayi  usia 1 tahun atau 12 bulan menjadi masa transisi untuk bayi kita. Bayi kita sudah mempunyai kemampuan fisik dan motorik yang lebih bagus. Bahkan bayi seperti mempunyai Global sendiri dan sudah Bisa diajak berkomunikasi dengan bagus. Hal yang sangat penting untuk diperhatikan untuk semua orang tua bayi usia 12 bulan yaitu pola makan yang tepat. Pola makan yang tepat sangat bagus untuk mengatur diet dan Ekuilibrium pertumbuhan bayi. Bayi kuning dan bayi yang melewati kelahiran prematur terlihat mempunyai perkembangan yang sama seperti bayi seusianya. Berikut ini beberapa hal mengenai pola makan yang Bisa dijalankan untuk orang tua dalam mengasuh bayi. 



Kebutuhan Makan untuk Bayi Usia 12 Bulan

Bayi yang sudah masuk ke usia 12 bulan memang menjalani masa perubahan. Orang tua yang menjalankan program ASI eksklusif wajib membagikan ASI dengan jadwal yang bagus. Jumlah kebutuhan ASI atau susu formula untuk bayi 350 – 500 ml. Jumlah ini sangat bervariasi tergantung dari tingkat kebutuhan bayi kita. Boga semi padat dan jenis Boga padat lain Bisa diberikan selama tiga kali dalam sehari. Untuk mengatur Ekuilibrium pola makan ini maka jadwal pemberian ASI atau susu formula dan Boga padat wajib diatur dengan bagus. Usia 12 bulan juga menjadi waktu yang aman untuk membagikan susu formula pertama untuk bayi yang selama ini masih terus menerima ASI.

Contoh Jadwal Makan untuk Bayi Usia 12 Bulan

  1. 06:00 – 07:00 = waktunya bayi bangun tidur. kita Bisa membagikan susu formula atau ASI supaya bayi tak rewel setelah bangun pagi. Jangan langsung membagikan Boga padat di karenakan perut bayi kita akan menjadi tak nyaman. 
  2. 07:30 = ajak bayi untuk keluar rumah untuk bermain di bawah sinar matahari. tutorial ini Bisa membantu bayi lebih sehat di karenakan mendapatkan angin segar di pagi hari. Setelah itu mandikan bayi supaya lebih nyaman.
  3. 08:00 – 09:30 = Setelah bayi kita merasa lebih bagus, maka berikan Boga semi padat sebagai makan pagi untuk bayi. kita Bisa memilih beberapa menu yang cukup ringan seperti oatmeal, yogurt, bubur nasi atau bubur biskuit bayi.
  4. 10:30 = setelah bayi kita merasa kenyang dan perut yang nyaman, maka biasanya bayi akan mengantuk. kita Bisa membagikan ASI atau susu formula sebelum tidur. Namun pastikan jumlahnya tak terlalu banyak untuk mencegah bayi muntah.
  5. 12:30 = Saat bayi bangun tidur dan kita Bisa mengajaknya bermain sebentar. setelah itu berikan beberapa Boga semi padat seperti sayuran dan buah-buahan. Pastikan bayi kita belajar untuk memegang Boga saat makan sendiri. tutorial ini Bisa membantu melonjakkan nafsu makan bayi dan mengurangi masalah pencernaan bayi. 
  6. 14:00 – 16:00 = bayi kita sudah merasa lelah setelah itu akan merasa mengantuk. kita Bisa membagikan ASI atau susu formula sebelum bayi tertidur. tutorial ini Bisa membantu bayi supaya tidur siang lebih nyenyak.
  7. 16:30 = bila bayi kita sudah bangun maka ajak bermain sebentar. bila sudah merasa lebih bagus maka berikan Boga ringan sebagai camilan. kita Bisa membagikan biskuit bayi atau buah yang dipotong kecil.
  8. 17:00 = Ajak bayi kita untuk mandi supaya tubuh lebih segar.
  9. 17:30 = Bayi kita mulai merasa lapar dan sedikit rewel. kita Bisa membagikan makan malam. kita Bisa membagikan ASI atau susu formula setelah makan.
  10. 19:00 = Setelah bayi merasa lelah, maka kita Bisa mengajaknya ke tempat tidur. bila bayi sudah mempunyai gigi yang bagus maka biasakan untuk menggosok gigi sebelum tidur.

Umumnya bayi yang sudah berusia 12 bulan jarang bangun di malam hari. Bayi akan bangun hanya bila merasa lapar dan Anemia nyaman. kita Bisa membagikan ASI atau susu formula bila bayi bangun di tengah malam.

Boga Terbaik untuk Bayi Usia 12 Bulan

  1. Buah berwarna ungu kemerahan ini mengandung antosianin yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan otak bayi. kita Bisa membagikan blueberi untuk bayi dengan dicampurkan dengan yogurt dari susu kambing. 
  2. Yogurt menjadi Boga fermentasi yang sangat bagus untuk bayi mulai usia lebih dari 6 bulan. Yogurt bermanfaat untuk melonjakkan kesehatan jantung dan otak untuk bayi. Yogurt juga sangat bagus untuk tulang dan pertumbuhan gigi bayi. Pastikan kita membagikan yogurt dari susu kambing dan tak mengandung bahan pengawet. Tambahkan buah buahan dalam yogurt seperti pisang atau alpukat.
  3. Labu, ubi jalar dan kentang. Semua sumber Boga ini mengandung vitamin A, vitamin C dan bila dimasak mempunyai tekstur yang sangat lembut. Hal ini membuat bayi usia 12 bulan Bisa makan dengan bagus. Sebaiknya ubi jalar, kentang atau labu wajib dimasak menjadi lunak sehingga mudah dicerna oleh bayi.
  4. Semua jenis lentil mengandung vitamin, mineral, protein alami dan serat yang cukup tinggi. Lentil Bisa menjaga pencernaan bayi dan teksturnya sangat lembut bila dimasak. Campurkan lentil dalam bubur, sereal atau olahan dari gandum.
  5. Sayuran hijau (bayam, brokoli, kacang panjang, lobak,dan sawi). Semua jenis sayuran berwarna hijau mengandung zat  besi dan asam folat yang cukup tinggi. Nutrisi ini Bisa membantu mencegah bayi anemia, mudah lelah dan kekurangan nutrisi. kita Bisa memasak sayuran hijau ini menjadi sup yang dicampur dengan sup kaldu ayam atau sapi.
  6. Brokoli menjadi jenis sayuran hijau yang sangat bagus di karenakan mengandung asam folat, kalsium dan serat yang tinggi. Brokoli juga mengandung zat antisoksidan yang Bisa melawan kanker. Brokoli yang dikukus sangat bagus untuk bayi. 
  7. Alpukat yaitu buah menyehatkan yang mengandung asam lemak tak jenuh. Kandungan asam lemak ini bahkan seperti lemak yang ditemukan di ASI. kita Bisa membagikan alpukat yang sudah dilembutkan untuk bayi. Campurkan dengan alpukat dengan yogurt, pisang atau biskuit bayi. 
  8. Daging dan ikan. Daging dan ikan mulai diperlukan untuk bayi 12 bulan supaya tubuh bayi mendapatkan asupan padat yang bagus. Daging dan ikan mengandung sumber mineral seperti kalium, zat besi, dan seng. Pastikan kita memisahkan bagian lemak dari daging supaya bayi tak mendapatkan lemak Lebih. Masak daging dan ikan hingga sangat lembut dan bayi mudah mengunyah. 
  9. Sumber vitamin C. Semua buah yang mengandung vitamin C sangat bagus untuk bayi. Beberapa buah yang disarankan seperti kurma, jeruk dan pisang. Boga ini juga mengandung antioksidan yang Bisa mencegah kanker.

Bayi usia 12 bulan memang sudah Bisa menerima banyak Boga. Namun pastikan kita tetap membatasi asupan gula, bahan pemanis dan bahan pengawet. Rasa pedas dan manis sebaiknya juga tak diberikan untuk bayi usia 12 bulan.

Related Posts