7 Manfaat Buah Pisang Ambon untuk Ibu Hamil dan Janin

shares

Dari demikian banyak jenis pisang yang tumbuh di  tanah Nusantara, Disorientasi satu yang terkenal ialah Pisang Ambon. Pisang asli Indonesia ini banyak tumbuh di pekarangan rumah ataupun di kebun, bahkan sekarang telah banyak dibudidayakan. Pisang yang terbilang cukup panjang ini memang enak sekali untuk dinikmati bagus dengan cara langsung saat buahnya matang, ataupun saat diolah menjadi penganan seperti keripik. Yang pasti, pisang Ambon sudah tak asing lagi di lidah masyarakat.



Kandungan Nutrisi Pisang Ambon

Tahukah kita, ternyata pisang satu ini tak hanya menggoda oleh di karenakan rasanya yang manis, akan tetapi juga di karenakan manfaat daripada kandungan nutrisi di dalamnya yang terbilang cukup berlimpah. Berikut yaitu kandungan gizi yang terdapat dalam pisang ambon (dalam Dosis per 100 gram) :

  • Kalori 99 kkal
  • Kalsium 8 mg
  • Protein 1,2 gram
  • Fosfor 28 mg
  • Vitamin A 146 SI
  • Vitamin B1 0,08 mg
  • Lemak 0,2 gram
  • Karbohidrat 26 gram
  • Zat besi 5 mg
  • Vitamin C 3 mg
  • Air 72 gram

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, pisang ambon bagus sekali untuk dikonsumsi terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. untuk seorang ibu hamil, pemenuhan gizi sehari-hari tak lagi hanya berfokus untuk kebutuhan diri sendiri, akan tetapi juga wajib mempertimbangkan kecukupan akan kebutuhan nutrisi janin. Untuk itu, wajar sekali bila ibu hamil mendapat asupan Boga dan minuman yang sehat dan bergizi lebih banyak dari sebelum ia hamil di karenakan memang kebutuhannya juga meningkat. Karenanya, tak benar bila ibu hamil banyak dilarang memakan Boga ini dan itu yang di kenyataannya mitos kehamilan itu yaitu Disorientasi di karenakan tak semua Boga yang dilarang itu berbahaya. Seperti mitos mengenai ibu hamil yang dilarang memakan pisang ambon.

Padahal, di atas telah dijelaskan bahwa pisang ambon mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali untuk ibu hamil sekalipun. Untuk itu, ibu hamil wajib mengetahui manfaat besar dari mengkonsumsi pisang ambon selama masa kehamilan, yakni:

1. Membantu pertumbuhan sistem saraf janin

Pisang ambon kayak akan vitamin B yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam pisang ambon mampu membantu pertumbuhan sistem saraf pusat janin, serta membantu dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh jaringan sistem saraf. Manfaat pisang ambon untuk ibu hamil bila dikonsumsi, berarti sudah memenuhi 0,4 mg dari kebutuhan harian vitamin B6. Sisanya, ibu Bisa mengkonsumsi Boga lain yang juga mengandung vitamin B.

2. Untuk pertumbuhan sistem rangka janin

Kandungan kalsium di dalam pisang ambon terbilang cukup tinggi. Kalsium sendiri sangat dibutuhkan janin terutama untuk pertumbuhan sistem rangka serta perkembangan tulang janin. Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk tulang ibu sehingga tak mudah terkena osteoporosis ataupun nyeri punggung.

3. Membantu mengatasi masalah nyeri saat hamil

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, beban yang dipangku ibu pun akan semakin bertambah. Akibatnya, ibu jadi mudah kelelahan. Dalam menjalankan aktivitas harian pun ibu tak Bisa segagah biasanya lagi. setelah itu, muncul masalah lain seperti pegal-pegal dan kram yang terkadang Bisa muncul tiba-tiba. Atau adanya pembengkakan di bagian tungkai bawah (kaki) dan akan membuat ibu semakin tak nyaman. wajib diketahui, semua itu Bisa terjadi apabila kebutuhan kalsium ibu tak terpenuhi dengan benar. Paling tak, kebutuhan kalsium ibu selama hamil yaitu sekitar 4.700 miligram.

Untuk itu, ibu wajib banyak mengkonsumsi Boga yang mengandung kalsium. Disorientasi satu sumber manfaat kalsium untuk ibu hamil ialah pisang ambon, sehingga bagus untuk dikonsumsi harian supaya kebutuhan kalsium ibu Bisa terpenuhi. Dengan terpenuhinya kebutuhan kalsium ibu, ketidaknyamanan seperti pegal dan pembengkakan akan Bisa diminimalisir.

4. Mengurangi risiko kelahiran prematur dan cacat

Pisang ambon mempunyai kandungan asam folat yang sangat penting selama kehamilan, terutama untuk pertumbuhan sumsum tulang belakang janin. Kekurangan asam folat Bisa menghambat pertumbuhan janin sehingga kemungkinan bayi lahir cacat, lumpuh, bahkan kerusakan otak sangat mungkin untuk terjadi. Selain itu, risiko bayi lahir prematur juga semakin besar. Oleh di karenakan itu, ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan; Disorientasi satu tips ialah dengan mengkonsumsi pisang ambon beserta jenis Boga sehat lainnya.

5. Membantu melonjakkan daya tahan tubuh

Di dalam pisang ambon terdapat paket lengkap antara vitamin C sebagai antioksidan sekaligus mampu melonjakkan daya tahan tubuh sehingga ibu hamil tak mudah jatuh sakit.

6. Mencegah anemia

Ibu hamil rentan terhadap anemia di karenakan selama kehamilan terdapat periode dimana terjadinya penegnceran darah (haemolisis). Padahal, ibu hamil wajib waspada dan tak boleh terkena anemia di karenakan Bisa berakibat buruk seperti persalinan prematur dan perdarahan. Oleh di karenakan itu, manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil di pisang ambon, mampu berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam perkembangan sel darah merah. Sangat bagus untuk dikonsumsi terutama dalam masa kehamilan untuk mencegah ibu hamil terkena anemia.

7. Mengatasi morning sickness

masalah seperti mual dan muntah memang sering terjadi terutama di awal-awal kehamilan (trimester pertama). Tapi tahukan ibu, dengan mengkonsumsi buah pisang ambon ternyata Bisa membantu mengurangi rasa mual di saat kehamilan sehingga mencegah ibu dari hyperemesis (mual muntah Lebih).

Demikian beberapa manfaat pisang ambon untuk ibu hamil. Dengan begitu, sayang sekali rasanya bila ibu hamil justru tak mau mengkonsumsi pisang ambon padahal kandungan gizi dan manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan janin ataupun ibu sendiri.

Related Posts