Mata Bintitan saat Hamil – Gejala, tips Mengatasi dan Pencegahan

shares

Masa kehamilan merupakan masa-masa yang menakjubkan. Dalam hitungan bulan kita akan menjadi seorang ibu. Pasti kita dan keluarga tak sabar menantikan kehadiran sang buah hati. Namun, ada beberapa hal yang wajib diketahui. Saat hamil, kita dituntut untuk lebih memperhatikan kesehatan tubuh di karenakan ibu hamil rentan akan berbagai masalah kesehatan seperti masalah kehamilan. Disorientasi satunya merupakan terkena penyakit mata bintitan atau dalam istilah medis disebut hordeolum. Mengapa Bisa terjadi bintitan? Apakah bahayanya? Bagaimana tips mengobatinya? Adakah tips pencegahannya? Mari kita simak artikel berikut!



Pengertian Hordeolum

Hordeolum atau bintitan merupakan sebutan untuk penyakit yang dikarenakan oleh infeksi ringan atau peradangan di kelenjar kelopak mata bagian dalam. Hordeolum Bisa terjadi di kelopak mata dalam bagian atas ataupun bagian bawah. Infeksi ringan atau peradangan ini paling sering dikarenakan oleh bakteri yang bernama staphylococcus aureus. Hordeolum Bisa menyerang semua usia dan jenis kelamin.

Hordeolum terjadi di karenakan adanya penyumbatan kelenjar minyak di sepanjang tepi kelopak mata. Bakteri yang ada di dalam kelenjar ini menyebabkan infeksi yang menimbulkan nanah. Infeksi di karenakan bakteri ini Bisa terjadi di karenakan beberapa faktor, di antaranya Anemia menjaga kebersihan. untuk kita yang pernah terkena bintitan, risiko penyakit ini untuk kambuh menjadi lebih besar.

Jenis

Hordeolum Eksternal

Hordeolum eksternal terjadi di kelopak atau garis bulu mata bagian luar. Jenis hordeolum ini lebih mudah terlihat.

Hordeolum Internal

Hordeolum jenis ini terjadi di kelopak atau garis bulu mata bagian dalam. Biasanya ukurannya lebih besar daripada hordeolum eksternal sehingga lebih terasa mengganjal.

Hordeolum Kalazion

Jenis ini merupakan hordeolum yang sudah mengeras dan tak aktif. Penyebab timbulnya hordeolum jenis ini Disorientasi satunya merupakan infeksi yang menetap dalam waktu lama.

Gejala

Gejala penyakit bintitan sangat mudah dikenali. Berikut merupakan gejala-gejala yang timbul saat mata mendapatkan bintitan:

  • Kelopak mata kemerahan dan bengkak.
  • Terdapat benjolan yang muncul dan terasa sakit dan nyeri. 
  • Mata menjadi lebih berair.
  • Adanya masalah penglihatan atau Etos menjadi kabur.
  • Mata terasa mengganjal.
  • di benjolan yang muncul terdapat titik berwarna kuning yang berisi nanah.
  • Terkadang menimbulkan sakit kepala bila ukuran benjolan di mata membesar. 

Tips Mengatasi


Benjolan di mata serta rasa sakit yang menyerang pasti sangat tak nyaman. Sebenarnya, hordeolum Bisa sembuh dalam kurun waktu satu hingga dua minggu. Namun bila ditangani dengan tepat, hordeolum Bisa sembuh lebih Genjah. Ada beberapa tips yang Bisa ditempuh untuk mengatasi penyakit hordeolum. Namun, catatan untuk ibu hamil, yang terpenting merupakan tak sembarangan mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi penyakit bintitan.

Berikut merupakan beberapa tips yang Bisa dilakukan:

1. Kompres dengan Air Hangat

Pengobatan hordeolum Bisa dilakukan dengan membagikan kompres air hangat di area benjolan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari dengan durasi sekira 10 menit. kita Bisa memakai handuk Higienis yang direndam di air hangat. Dengan membagikan kompres air hangat ini, diharapkan benjolan nanah akan mengecil.

2. Bawang Putih

Ternyata umbi yang sering menjadi bumbu masakan ini Bisa mengobati penyakit bintitan. kita cukup menyiapkan satu siung bawang putih, kupas kulitnya setelah itu cuci Higienis. Setelah itu iris bagian ujung umbi bawang putih setelah itu gosok-gosokkan di benjolan yang muncul dengan cara searah di bagian luar kelopak mata. Bawang putih juga Bisa dihaluskan setelah itu dioleskan di bagian tersebut. Harap berhati-hati jangan hingga terkena bola mata.

3. Obat Tetes Mata

Obat tetes mata yang dijual bebas, Bisa dipakai sebagai obat untuk mengatasi bintitan. Pergunakan obat tetes mata ini secukupnya hanya saat kita merasakan sakit dan jangan terlalu sering.

4. Membersihkan Nanah

Benjolan hordeolum memang Bisa pecah dengan sendirinya. Namun jangan sembarangan menghilangkan nanah yang keluar dari benjolan tersebut. Usahakan untuk tak menyentuhnya dengan tangan dengan cara langsung. Gunakan kapas atau kasa steril untuk membersihkan nanah yang keluar.

5. Berkonsultasi dengan Dokter

di karenakan di saat hamil kita tak boleh mengonsumsi sembarangan obat tanpa resep dokter, bila memang hordeolum yang dialami sangat mengganggu atau tak kunjung sembuh, sebaiknya pergilah temui dokter. Dokter akan memeriksa benjolan di mata dan membagikan pengobatan yang tepat. Biasanya dokter akan membagikan antiobiotik berupa salep.

Hal yang Dilarang

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat mendapatkan hordeolum. Hordeolum yang menyerang orang dewasa memang tak terlalu berbahaya atau membagikan Imbas yang fatal, namun bila tak diatasi dengan benar pasti akan mengganggu keseharian kita. saat terkena penyakit hordeolum, ingatlah untuk tak menjalankan hal-hal di bawah ini.

Memencet Benjolan

Mungkin lama-lama kita kesal dengan nanah yang tak kunjung keluar sehingga benjolan tak Genjah mengempis. Meski begitu, jangan mencoba untuk memencet benjolan supaya pecah sehingga nanah Bisa keluar. bila kita memencet hordeolum dengan cara sembarangan, hal ini justru akan tak bagus. Mungkin benjolan memang akan mengempis, namun nanah Bisa aja masih tertinggal di dalamnya.

Mengabaikan Kebersihan Tangan dan Wajah

Mungkin dengan cara tak sadar kita sering memegang wajah. Padahal setiap saat tangan tak berada di kondisi steril. Hal inilah yang Bisa memicu adanya bakteri penyebab hordeolum masuk ke kelopak mata. saat sedang mendapatkan bintitan, usahakan untuk tak mengucek bagian mata meski terasa tak nyaman.

Tips Pencegahan

Selalu ada tips yang Bisa dilakukan untuk terhindar dari penyakit. Itulah mengapa muncul istilah lebih bagus mencegah daripada mengobati. tips-tips yang Bisa ditempuh untuk mencegah hordeolum merupakan sebagai berikut:

Terapkan Pola Hidup Sehat

Kebiasaan bagus seperti menjalankan pola Hayati sehat mencakup hal-hal yang dilakukan sehari-hari, termasuk juga mengatur pola makan dengan asupan gizi yang seimbang serta tak melupakan olahraga dengan cara rutin untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang bagus. Istirahat yang cukup juga Bisa menjadi upaya pencegahan terserang penyakit ini.

Perhatikan Kosmetik Anda

Selalu perhatikan kebersihan alat-alat kecantikan kita. Kosmetik yang digunakan untuk area mata seperti eye-liner, eye-shadow, atau mascara yang tak Higienis Bisa memicu bakteri yang Bisa menyebabkan infeksi. Selain itu, kita juga wajib untuk membersihkan make-up setelah pemakaian hingga benar-benar Higienis.

demikian artikel mengenai penyakit bintitan atau hordeolum serta pengobatan yang aman untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Related Posts