Pola Makan Bayi 4 Bulan

shares

Banyak orang tua yang merasa bahwa bayi usia 4 bulan sudah cukup kuat untuk mengkonsumsi Boga padat. Namun para ahli medis menyatakan bila untuk mendukung perkembangan bayi maka disarankan tetap membagikan ASI atau susu formula di usia 4 bulan. Meskipun biasanya bayi mulai tertarik saat melihat orang dewasa makan. Untuk menghindari alergi Boga dan fungsi usus bayi yang sempurna maka, pola makan bayi 4 bulan sebaiknya hanya menerima ASI atau susu formula. Bahkan bayi yang terkena dampak dari  kelahiran prematur masih wajib mendapatkan perhatian ekstra.



Jumlah Kebutuhan ASI/Susu Formula untuk Usia 4 Bulan

Bayi yang sudah masuk usia 4 bulan juga mendapatkan perubahan sangat besar dalam hal kebutuhan ASI. Meskipun kebutuhan makan bayi semakin besar namun kalian Bisa membagikan ASI selama 4 – 6 kali dalam sehari. Namun ibu biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyusui dalam satu periode. Setiap bayi juga mempunyai karakter yang berbeda, di karenakan itu terkadang ada bayi yang lebih banyak membutuhkan ASI atau susu formula. bila bayi mendapatkan nutrisi yang cukup maka biasanya mempunyai waktu buang air besar dan buang air kecil yang rutin. Ibu Bisa mengamati perubahan ini dan juga kenaikan berat badan bayi. Amati juga jadwal buang air besar untuk bayi, bila ada masalah maka Genjah konsultasikan dengan ahli kesehatan yang merawat bayi kalian.

Contoh Jadwal Menyusui untuk Bayi Usia 4 Bulan

  1. 07:00 = Bayi kalian Bisa bangun lebih pagi setelah itu minta susu formula atau ASI. di jam ini kalian juga Bisa memandikan bayi setelah itu mengajaknya berjalan-jalan untuk menikmati udara segar di pagi hari.
  2. 09:30 = bayi kalian akan merasa mengantuk di karenakan bangun terlalu pagi. Biasanya bayi mulai minta ditemani untuk tidur atau hanya sekedar ditidurkan selama sekitar 0 menit. Sebaiknya ajak bayi bermain sebentar untuk menghindari gumoh di bayi setelah minum susu.
  3. 11:00 = bayi kalian mulai bangun tidur dan merasa lapar sehingga kalian Bisa membagikan ASI atau susu formula. Biasanya bayi masih merasa malas sehingga terkadang Ibu membutuhkan waktu lama untuk menyusui.
  4. 13:30 = bayi kalian mulai merasa mengantuk, dan ini waktu yang tepat supaya bayi Bisa istirahat siang hari. kalian Bisa membagikan susu tambahan sebelum tidur bila bayi rewel atau sulit untuk tidur. Biasanya bayi akan tidur selama 1,5 jam hingga 2 jam.
  5. 15:00 = bayi kalian bangun tidur dan biasanya akan lebih bagus bila diberikan ASI atau susu formula. Setelah itu kalian Bisa mengajaknya untuk bermain atau sekedar keluar rumah. setelah itu setelah itu bayi Bisa dimandikan supaya lebih segar.
  6. 16:00 = bayi kalian akan merasa lelah setelah bermain dan ini waktu yang nyaman untuk tidur pendek. Biasanya bayi akan merasa seger setelah mandi sehingga Bisa tidur selama 30 – 60 menit.
  7. 17:00 = Bayi kalian akan merasa lapar dan kalian Bisa membagikan ASI atau susu formula. Biasanya bayi tak terlalu lama minum susu dan lebih suka bila diajak bermain.
  8. 18:30 = meskipun hari belum terlalu malam, tapi ini waktu yang terbaik untuk bersantai atau bermain dengan anggota keluarga. Beberapa bayi juga minta untuk ditidurkan meskipun sebenarnya bayi hanya ingin santai aja.
  9. 22:00 / 23:00 = bayi biasanya akan bangun sebentar di karenakan merasa lapar. kalian Bisa membagikan ASI atau susu formula supaya perut bayi lebih nyaman dan tak terbangun di tengah malam.

Fakta Penting membagikan ASI untuk Usia 4 Bulan

  1. membagikan ASI di usia 4 bulan dengan cara penuh Bisa membantu bayi terhindari dari beberapa penyakit seperti infeksi telinga, penyakit asma dan kemungkinan alergi terhadap Boga atau zat asing saat sudah dewasa.
  2. Banyak ibu yang mulai menyerang dengan membagikan ASI di usia 4 bulan di karenakan ada beberapa masalah seperti puting payudara mulai bengkak, puting terasa sakit saat menyusui, dan perawatan panjang saat wajib menyusui. di karenakan masalah ini maka banyak ibu yang beralih ke susu formula.
  3. Bayi kalian mulai meneteskan air liur, menghisap jari atau keinginan untuk mengunyah Boga. Namun bayi kalian sebenarnya belum membutuhkan Boga padat. Saluran pencernaan bayi memang sudah berkembang namun belum Bisa menerima Boga padat. bila kalian ingin membagikan Boga padat maka lakukan konsultasi dengan dokter sebelumnya.
  4. kalian Bisa membagikan ASI selama 5 kali dalam sehari penuh termasuk saat malam hari.
  5. Beberapa bayi yang sudah masuk usia 4 bulan Bisa mendapatkan tahap pertumbuhan gigi. Hal ini menyebabkan bayi merasa tak nyaman di gusi sehingga jumlah ASI yang dibutuhkan menurun. Terkadang bayi juga akan mengalam demam dan menolak ASI sehingga ibu wajib membagikan perawatan yang lembut.
  6. Bayi yang tetap diberi ASI hingga usia 4 bulan biasanya mendapatkan perlambatan penambahan berat badan. Kondisi ini memang sangat wajar dan bayi yang menerima susu formula mempunyai berat badan yang lebih tinggi. Namun periode ini tak masalah di karenakan berat badan bayi akan meningkat lagi setelah masuk usia 6 bulan ke atas.
  7. Bayi di usia 4 bulan biasanya mendapatkan masalah saat diberikan ASI di tempat yang ramai. di karenakan itu temukan ruangan atau tempat yang tenang untuk menyusui ASI di bayi. Sesekali membagikan pijatan untuk memanjakan bayi juga sangat penting.
  8. bila bayi tak puas mendapatkan ASI di siang hari maka biasanya bayi akan lebih rewel di malam hari bahkan bayi akan lebih sering menangis.
  9. ASI yang diberikan di bayi usia 4 bulan Bisa membagikan beberapa manfaat, seperti:
  • melonjakkan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel dalam otak.
  • Membantu bayi menjadi lebih waspada dan mengurangi gejala kecemasan di bayi.
  • Membantu melonjakkan fungsi motorik bayi sehingga bayi mempunyai kemampuan fisik yang sempurna.
  • Bayi akan mempunyai kemampuan interaksi dan komunikasi yang lebih bagus di karenakan mendapatkan rangsangan yang bagus saat menerima ASI.
  • Sebagai  tips menjaga bayi supaya tak mudah sakit
  1. bila Ibu merasa tertekan atau stres maka bayi biasanya akan lebih gelisah dan rewel. Bahkan hal ini terjadi saat kalian membagikan ASI. Bayi akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk disusui, di karenakan itu usahakan emosi ibu dan bayi stabil serta kondisi perasaan yang tenang.
Tips Meninggalkan Bayi untuk Bekerja di Usia 4 Bulan

Cuti melahirkan yang paling Generik di Indonesia merupakan selama 3 bulan atau 0 hari. saat bayi masuk usia 4 bulan maka ibu yang bekerja di luar rumah wajib menyiapkan diri untuk meninggalkan bayi bersama perawat. bila kalian tetap ingin membagikan ASI maka selalu siapkan ASI yang sudah dipompa dan diletakkan dalam botol minuman. tips ini akan membantu bayi tetap mendapatkan ASI meskipun ibu sibuk di luar rumah. kalian Bisa memompa ASI di kantor atau saat sudah hingga dirumah. Selain itu jangan membiasakan membagikan empeng untuk bayi kalian. Ada bahaya untuk bayi memakai empeng yang wajib dihindari.

Tetap membagikan ASI untuk bayi di usia 4 bulan tetap menjadi pilihan yang paling bagus. ASI tetap akan membuat bayi mempunyai pertumbuhan sempurna. Meskipun pemberian susu formula juga Bisa dilakukan dengan kondisi Eksklusif.

Related Posts