Pola Makan Bayi 8 Bulan – Kebutuhan, Jadwal, dan Tekstur Boga

shares

Perkembangan bayi sudah mencapai 8 bulan maka ini saat yang tepat untuk melonjakkan selera makan bayi kita. Usia 8 bulan akan mendukung bayi untuk mengenal beberapa tekstur Boga, bagus itu Boga lembut yang disendok atau Boga yang dipegang dengan jari. Asterik tumbuh gigi di bayi juga semakin jelas. Namun kita juga wajib tetap membagikan ASI atau susu formula seperti biasanya. Ada berbagai manfaat susu formula untuk bayi dan manfaat membagikan ASI untuk ibu yang sangat besar untuk kesehatan. Beberapa orang tua memang mulai menyapih, namun ini bukan langkah yang disarankan. Berikut ini petunjuk mengatur pola makan untuk usia 8 bulan.



Berapa Jumlah Kebutuhan Susu untuk Bayi Usia 8 Bulan?

bila kita sudah membagikan susu formula untuk bayi usia 8 bulan, maka sebaiknya tak lebih dari 0 ml. Batasan ini bertujuan untuk melonjakkan asupan Boga pendamping selain susu. Namun bila kita masih membagikan ASI untuk bayi usia 8 bulan maka kebutuhan sekitar 24 hingga 32 ons selama 24 jam. bila bayi juga sudah menyukai Boga pendamping, maka biasanya bayi hanya membutuhkan sekitar 16 hingga 24 ons susu dalam 24 jam. Penurunan kebutuhan ini memang sangat wajar di karenakan bayi kita merasa lebih kenyang dengan Boga padat. Lebih membagikan ASI, susu formula ataupun Boga pendamping Bisa menyebabkan masalah saluran pencernaan untuk bayi.

Contoh Jadwal Makan untuk Bayi Usia 8 Bulan

  1. 05:00 = Bayi mulai suka bangun pagi, kita Bisa membagikan ASI atau susu formula dan setelah kenyang biasanya bayi akan tidur sekitar 30 – 60 menit. 
  2. 07:00 = Bayi akan bangun tidur, kita Bisa memandikan bayi, mengganti bajunya, lalu membagikan ASI atau susu formula. 
  3. 08:15 = bila bayi kita sudah menerima ASI, maka sekitar 1 jam setelah itu kita Bisa membagikan Boga padat sebagai sarapan pagi.
  4. 09:00 = Setelah bayi kita bermain sebentar dan mulai terasa lelah, maka biasanya bayi akan mengantuk. kita Bisa menidurkan bayi selama Anemia lebih 30 hingga 60 menit.
  5. 10:00 = Bayi kita sudah bangun tidur dan kita Bisa membagikan ASI atau susu formula. Jangan langsung membagikan Boga padat di karenakan bayi kita Bisa merasa jenuh dan tak nyaman.
  6. 11:00 = kita Bisa membagikan buah atau sayuran tim yang lembut setelah masuk jam ini. Bayi kita butuh camilan yang sedikit mengenyangkan. kita Bisa mengganti menu setiap saat supaya bayi tak merasa bosan.
  7. 12:30 = Berikan ASI atau susu formula supaya bayi kita tak kekurangan cairan. Jangan membagikan air putih Lebih di karenakan bayi kita Bisa Anemia berminat dengan susu.
  8. 13:00 = Setelah perut kenyang maka biasanya bayi akan merasa mengantuk. Waktu tidur siang untuk bayi sekitar 2 hingga 3 jam. Namun semua bayi mempunyai karakter sendiri dan terkadang mereka merubah jam tidur.
  9. 15:00 = Bangun tidur siang merupakan waktu yang tepat untuk membagikan ASI atau susu formula. bila bayi kita merasa bosan kita Bisa membagikan buah segar seperti buah naga atau apel yang sudah dilembutkan
  10. 16:00 = Ini waktu yang tepat untuk bayi untuk mandi, berganti pakaian dan bermain dengan keluarga. Biasanya bayi juga mulai lelah dan mengantuk. kita Bisa menidurkan bayi selama 30 menit.
  11. 17:00 = bayi kita bangun tidur, dan ini waktu untuk membagikan ASI atau susu formula. bila bayi kita mulai lapar maka kita Bisa membagikan Boga padat.
  12. 18:00 = Saatnya bermain bersama bayi. bila bayi sudah mulai lelah maka biasanya bayi akan meminta ASI atau formula lalu tidur lebih Genjah.

Usia 8 bulan Bisa menjadi waktu yang menyenangkan untuk bermain dan mengajak  bayi berkomunikasi. Bayi juga sudah mulai memegang Boga sebagai camilan di karenakan penting untuk merangsang pertumbuhan gigi. di malam hari biasanya bayi membutuhkan ASI atau susu formula hanya 1 kali aja. kita tak wajib khawatir dengan pengurangan jadwal makan ini.  

Boga untuk Bayi Usia 8 Bulan

  1. Produk tepung dan biji-bijian: kita Bisa mengenalkan bayi untuk mencoba beberapa menu yang dimasak dari pasta, gandum coklat, beras merah, oat, atau quinoa. Pastikan semua menu ini dimasak menjadi sangat lembut seperti gandum.
  2. Kelompok buah-buahan: kita Bisa membagikan mengenalkan buah yang terdiri dari alpukat, apel, pisang, bleeberi, melon, kurma, kiwi, anggur, mangga, pepaya, pir, dan labu kuning.
  3. Kelompok sayuran: kita Bisa membagikan beberapa jenis sayuran seperti asparagus, brokoli, kembang kol, kentang, lobak, wortel, kacang panjang, buncis, Fungi, bawang merah, kentang dan mentimun.
  4. Sumber protein: kita Bisa membagikan sumber protein yang Bisa membantu melonjakkan energi dan tenaga untuk pertumbuhan bayi seperti daging sapi, daging ayam, kuning telur, ikan, tahu dan tempe.
  5. Produk olahan susu: kita juga Bisa mengenalkan beberapa jenis produk yang diolah dari susu seperti yogurt, keju, dan kefir. (perhatikan bila bayi mendapatkan diare, sakit perut dan kembung di karenakan Bisa dikarenakan oleh alergi terhadap produk susu). 
  6. kita juga Bisa mengenalkan beberapa bumbu tambahan ringan seperti rempah-rempah. Pastikan kita tak terlalu banyak menambahkan rempah dalam Boga untuk Bayi kita masih sangat peka terhadap rasa dan tekstur Boga.

Kapan Waktu membagikan Boga di Bayi?

bila bayi kita sudah masuk usia 8 bulan, maka kita Bisa mulai mengatur jadwal Boga dengan tips yang tepat. Pastikan bayi kita tak menahan lapar terlalu lama, di karenakan Bisa menyebabkan penurunan nafsu makan. Biasanya bayi akan tertarik dengan Boga padat di saat-saat Eksklusif. Waktu yang paling tepat dan disarankan misalnya pagi setelah bayi minum susu atau ASI. di siang hari berikan Boga padat sebelum bayi tidur siang. Sore hari berikan Boga padat untuk bayi menjelang makan malam. 

Apa Tekstur Boga untuk Bayi Usia 8 Bulan
  1. Meskipun bayi kita sudah Bisa mengunyah Boga dengan bagus, tapi pastikan bayi kita hanya menerima Boga padat yang sudah dihaluskan. Semua jenis Boga padat yang berbahan tepung wajib dihaluskan atau semi halus. Bubur cair sudah tak menarik untuk bayi usia 8 bulan, sehingga kita wajib merubah tips memasak.
  2. Pastikan bayi kita Bisa memainkan sendok atau garpu untuk membiasakan makan sendiri. Beberapa buah yang Bisa diambil dengan garpu wajib dipotong kecil. Beberapa buah yang disarankan dalam bentuk potongan misalnya pepaya, kiwi, mangga, dan pir. Hal ini untuk menghindari supaya bayi tak tersedak.
  3. Bantu kemampuan jari bayi kita dengan membagikan Boga yang tak mudah hancur saat dipegang dengan jari bayi. kita Bisa mencoba membagikan anggur yang dipotong kecil atau buah pisang. Orang tua wajib terus mengawasi bayi saat bayi mulai memegang Boga.

Bayi usia 8 bulan menunjukkan perkembangan motorik dan sensorik yang sangat bagus. Namun biasanya bayi mendapatkan penurunan berat badan di karenakan gerakan yang semakin aktif. Untuk membantu melonjakkan sistem kekebalan tubuh bayi maka bantu dengan mencukupi nutrisi dari Boga padat selain ASI dan susu formula.

Related Posts