13 Manfaat Buncis untuk Ibu Hamil Muda dan Tua

shares

Buncis merupakan Disorientasi satu jenis kacang-kacangan. Buncis biasanya disajikan dalam bentuk masakan, seperti sayur buncis ataupun sebagai pelengkap sayuran atau masakan lain, misalnya steak. Warna hijaunya yang menarik dan segar menjadikan buncis begitu digemari untuk dikonsumsi. Buncis ini mengandung banyak khasiat untuk kesehatan, khususnya untuk ibu hamil.



Penelitian mengenai Buncis

Beberapa waktu belakangan terdapat studi yang diselenggarakan oleh tim peneliti di Danish National Birth Cohort, Denmark yang menemukan manfaat dari buncis khususnya untuk ibu hamil. Dengan mengoknsumsi buncis seminggu sekali Bisa mengurangi risiko asma terhadap bayi yang dilahirkan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 61000 ibu hamil di Denmark yang memerlukan waktu sekitar 5 tahun dari tahun 2003-2008.

Dimana wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi buncis seminggu sekali selama masa kehamilan. Setelah bayi tersebut lahir dan berumur 3 tahun, tak ditemukan adanya penyakit di pernapasan untuk ibu yang dengan cara teratur mengkonsumsi buncis. Melalui penelitian tersebut mengindikasikan bahwa buncis mempunyai khasiat yang sangat bagus untuk ibu hamil dan tentunya khasiat tersebut berasal dari kandungan yang terdapat di dalam buncis. Apa aja manfaat dalam kandungannya? Akan dibahas sebagai berikut !

1. Asam folat

Buncis mengandung manfaat asam folat untuk ibu hamil yang penting untuk dikonsumsi untuk ibu hamil. Asam folat penting untuk perkembangan bayi, di karenakan Bisa mencegah kecacatan di bayi yang baru lahir.

2. Vitamin K

Kandungan vitamin K yang ada di dalam buncis penting untuk ibu hamil di karenakan mampu melonjakkan perkembangan janin bayi.

3. Vitamin C

Ini yaitu Disorientasi satu vitamin penting yang ditemukan dalam buncis. Vitamin C penting untuk penyembuhan luka dengan Genjah dan pencegahan kanker, selain itu, kandungan antioksidan di dalam vitamin C ini Bisa membantu ibu hamil dalam melindungi pembentukan DNA dari kerusakan dan abnormalitas.

4. Vitamin A

Vitamin A untuk ibu hamil di dalam buncis, Bisa membagikan nutrisi di mata ibu dan bayi yang dikandungnya. Selain itu, vitamin A Bisa mengontrol kolestrol dalam tubuh.

5. Mangan

Kandungan mangan yang ditemukan dalam buncis Bisa membantu ibu hamil untuk menghindari risiko dari osteoporosis. Kondisi kalsium tubuh dari ibu hamil mendapatkan defisiensi dikarenakan kalsium tersebut dialirkan untuk perkembangan tulang bayinya. Mangan mensubtitusi Dehidrasi tersebut.

6. Kalsium dan Fosfor

Manfaat buncis untuk ibu hamil juga mengandung kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini bermanfaat untuk menguatkan tulang untuk ibu hamil di karenakan kalsium yang dimiliki ibu hamil Bisa berkurang seiring masa kehamilan, dikarenakan kalsium tersebut akan tersalurkan untuk kebutuhan janin yang dikandungnya.

7. Kandungan Hipoglikemik

Biasanya ibu hamil lebih emosional dibandingkan dengan ibu-ibu ataupun wanita yang sedang tak hamil. Kandungan Hipoglikemik dalam buncis mampu menenangkan saraf sehingga mengurangi stress dan melonjakkan kesehatan pikiran untuk ibu hamil. Dengan demikian, bagus dikonsumsi untuk ibu hamil untuk menenangkan pikiran

6. Zat besi

saat seorang ibu hamil, maka tubuh ibu hamil membutuhkan zat besi lebih banyak untuk membentuk sel darah merah untuk pertumbuhan janin. Buncis Bisa menolong ibu hamil dalam melengkapi tingkat hemoglobin dalam darah. Buncis membagikan manfaat zat besi untuk ibu hamil dan melonjakkan perkembangan janin. Dengan demikian, buncis Bisa membantu dalam melonjakkan perkembangan fetus, sehingga melonjakkan volume darah dan membantu pertumbuhan plasenta.

7. Kandungan serat

Serat yang dikandung buncis mempunyai peran yang tak kalah penting. Selama masa kehamilan, ibu hamil sering mendapatkan masalah pencernaan seperti melambatnya sistem pencernaan. Bahkan Bisa mengakibatkan sembelit dan wasir. Untuk menghindari hal tersebut maka ibu hamil Bisa mengonsumsi Boga berserat yang Bisa didapat dari buncis.

8. Asam amino

Buncis mengandung 8 asam amino esensial untuk pembentukan protein di dalam tubuh ibu hamil. Asam amino ini sangat membantu dalam melawan infeksi dan penyakit dan melonjakkan sistem imun tubuh. Protein yang dibentuk oleh asam amino akan membentuk pertahanan tubuh untuk sel tubuh ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

9. Antioksidan

Antioksidan alami atau anthocyanins yang terdapat di dalam buncis (kacang-kacangan) Bisa menutrisi kulit, bagus untuk ibu hamil ataupun bayinya. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buncis Bisa mencegah bahaya diabetes saat hamil.

10. Protein

Protein membentuk perkembangan tubuh bayi, khususnya di semester 2 dan 3 masa kehamilan di karenakan saat itu pembentukan tubuh bayi sedang berlangsung.

11. Vitamin B6

Banyak dari vitamin B yang membantu selama masa kehamilan, akan tetapi manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil yang paling penting dari vitamin B lainnya. Vitamin ini membantu pembentukan sel darah merah, antibodi dan perkembangan otak  terhadap bayi yang sedang dikandung.

12. Vitamin B1

Buncis mengandung vitamin B1 tiamin yang bermanfaat untuk melonjakkan nafsu makan. Ibu hamil muda biasanya mendapatkan nafsu makan yang buruk, maka makan buncis sangat cocok untuk memperbaikI nafsu makan ibu hamil muda.

13. B-sitosterol dan Stigmasterol

Manfaat buncis untuk ibu hamil mempunyai khasiat antihiperglikemik, yaitu zat yang Bisa mencegah kenaikan kadar glukosa dalam darah yang tentunya bagus dalam mengatur kadar gula dalam darah di ibu hamil. Penelitian ini dilakukan oleh Andayani (2000). Andayani menjalankan percobaan terhadap kelinci diabetes yang diinduksi aloksan. Hasil dari penelitian tersebut membuktikan bahwa kadar glukosa dari dalam darah turun hingga 20%. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Yayuk (2011) menunjukkan bahwa zat b-sitosterol dan stigmasterol mampu melonjakkan produksi insulin.

Related Posts