15 Pantangan Saat Haid Menurut Kesehatan

shares

Haid atau menstruasi yaitu kondisi yang dialami oleh wanita setiap bulannya. di kondisi ini tubuh wanita akan menjadi lebih sensitif daripada hari-hari biasa. Bahkan ada yang mendadak menjadi sakit-sakitan. saat sedang haid atau menstruasi ini ada peristiwa peluruhan dinding sel rahim, sehingga wanita wajib lebih berhati- hati terhadap dirinya. saat haid ini, wanita wajib Bisa lebih menjaga kebersihan dari hari- hari biasanya. Hal ini di karenakan wanita mengeluarkan darah kotor yang mengandung banyak kuman. Disorientasi- Disorientasi, malah justru kuman menjadi tersebar ke seluruh tubuh. Selain dianjurkan untuk mengkonsumsi Boga atau minuman Eksklusif dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya, wanita saat haid atau menstruasi ini juga mempunyai berbagai pantangan atau Embargo.



Pantangan saat haid ini terdiri dari aktivitas-aktivitas Eksklusif, Boga atau minuman. Walaupun beberapa pantangan merupakan mitos belaka dan bukan anjuran dari dokter atau Global medis. Namun, selama kita masih belum mengetahui bahwa itu mitos atau fakta, ada baiknya juga bila kita menghindar dari pantangan tersebut. Pantangan saat menstruasi Bisa aja mudah kita hindari, namun tak jarang juga susah untuk dihindari. Hal itu di karenakan tak ada yang bersifat familiar atau kita sering melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam artikel ini, pantangan atau Embargo untuk wanita yang sedang haid atau menstruasi akan Dikotomi menjadi 3 golongan, yakni Boga, minuman dan juga aktivitas Eksklusif.

Boga

Pantangan untuk wanita yang sedang haid atau menstruasi yang akan dibahas pertama kali mengenai Boga. Kenapa wajib Boga? di karenakan Boga merupakan jalan dimana vitamin, mineral, protein, dan lain sebagainya Bisa masuk ke dalam mulut dan membawa sari-sari vitamin tersebut untuk setelah itu didistribusikan pula di area seluruh tubuh yang membutuhkan adanya berbagai zat ini. Oleh di karenakan itu, Boga menjadi hal penting yang wajib diperhatikan , terlebih sebagai pantangan untuk penderita sakit Eksklusif. Beberapa Boga yang  sebaiknya kita hindari di saat haid atau menstruasai yaitu:

1. Boga yang manis

Banyak orang menyukai Boga yang bercita rasa manis. Selain enak, Boga manis juga akan membawa rasa bahagia dan mood yang bagus. Namun, bila kita termasuk pecinta Boga manis, kita wajib Bisa menahan diri untuk tak mengonsumsi Boga yang manis- manis dulu, minimal selama haid atau menstruasi aja. Hal ini di karenakan Boga yang manis atau terlalu manis Bisa membuat badan lebih mudah capek dan mudah lapar. bila lapar selalu kita turuti dengan makan maka tak mengherankan bila berat badan tubuh menjadi bertambah di masa-masa PMS. Sebenarnya Boga yang manis ini bagus untuk dikonsumsi di karenakan Bisa mengurangi nyeri haid. Namun yang tak boleh yaitu mengkonsumsi Boga yang manis ini dalam porsi yang Lebih, hal ini Bisa merugikan diri kita.

2. Coklat

Siapakah di Global ini yang mampu menolak coklat? Boga super lezat yang akan membuat lidah siapapun menjadi menari karenanya. Banyak yang mengatakan bahwa coklat merupakan Boga yang membawa ketenangan dan juga Bisa mendorong kerja dari hormon pencipta rasa bahagia. Hal ini yang akan memebrikan Imbas bahagian dan selalu ceria saat seseorang mengkonsumsi coklat. Coklat juga Bisa diaplikasikan ke dalam berbagai masakan atau olehan, sehingga kita tak bosan untuk selalu mengonsumsi coklat. Tahukah kita bahwa ternyata coklat juga mempunyai kandungan kafein? Jadi yang mempunyai kandungan kafein bukan hanya kopi aja, melainkan juga coklat.

Kandungan kafein yang ada di dalam coklat inilah yang mampu membuat pikiran menjadi tenang. Selain itu,wanita juga sering mengkonsumsi coklat saat sedang merasakan nyeri haid atau datang bulan. Coklat memang dipercaya mampu meredakan atau mengurangi sakit karena nyeri haid ini. Namun tahukah kita bahwa pengonsumsian coklat di jumlah yang Lebih Bisa beresiko terhadap kesehatan dan juga kesuburan kita. apabila kita terlalu banyak mengonsumsi coklat maka besar kemungkinan yang terjadi yaitun menyebabkan ada masalah di kesuburan kita.

3. Junk Food atau Boga Siap saji

Junk food atau Boga siap saji yaitu model Boga yang populer di zaman sekarang, terlebih di kota- kota besar. Junk food atau Boga siap saji ini banyak dipilih di karenakan penyajiannya yang super Genjah. Problematika masyarakat perkotaan yaitu waktu. Dimana sebagian besar penduduknya menghabiskan waktunya untuk bekerja sehingga terkendala oleh waktu yang memburu. Selain penyajiannya yang Genjah, rasa yang enak dan hargan yang juga tak terlalu mahal menjadi daya tarik tersendiri dari junk food atau Boga siap saji ini. Namun tahukah kita bahwa Boga siap saji merupakan Boga yang tinggi kandungan kalorinya dan juga tinggi kandungan garamnya, sehingga akan mengakibatkan berbagai kerugian untuk badan.

Selain Bisa menaikkan berat badan dengan tak sehat, junk food juga menyebabkan penambahan kandungan LDL. Kolesterol yang tinggi ini Bisa mempengaruhi kesuburan tubuh. Sehingga kita yang sedang hamil atau berencana untuk hamil dalam waktu dekat, jangan terlalu bayak mengkonsumsi Boga ini di karenakan kesuburan kita akan terganggu. Ini merupakan pengecekan sendiri oleh Global medis, sehingga benar saat menstruasi wanita wajib menauhkan diri dari junk food. Lebih bagus mengonsumsi Boga sehat yang Bisa dibuat sendiri daripada wajib mengkonsumsi junk food dan lain sebagainya.

Itulah beberapa Boga yang sebaiknya dihindari saat sedang haid atau menstruasi. Pengonsumsian Boga jenis tersebut memang boleh aja, asalnya jumlahnya tak Lebih dan tak sering- sering melakukannya. Apapun yang dikonsumsi  dengan cara Lebih akan menyebabkan dampak yang buruk, terlebih untuk kesehatan. Oleh di karenakan itu batasi diri kita mengonsumsi Boga- Boga tersebut. bila kita memang menyukainya, lebih bagus kita membagikan bawtasan kepad diri kita supaya tak Lebih dalam mengonsumsinya. Selingi dengan pemberian Boga- Boga sehat, seperti empat sehat dan lima sempurna.

Minuman

Setelah kita membicarakan mengenai Boga apa aja yang tak dikonsumsi oleh wanita yang sedang haid atau menstruasi, selanjutnya kita akan membahas mengenai minuman yang menjadi pantangan untuk diminum saat wanita sedang haid atau menstruasi. Sama halnya dengan Boga, minuman juga termasuk yang kita perhatikan krena merupakan Disorientasi satu saluran yang menyampaikan nutrisiatau vitamin dari minuman, obat dan lain sebagainya ke dalam seluruh tubuh. Namun wajib tahu juga bahwa ada beberapa minuman yang menjadi pantangan saat haid atau menstruasi. Meskipun sebenarnya, cairan memang bagus untuk tubuh, terlebih saat masa haid atau menstruasi tiba. Beberapa minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menstruasi ada beberapa jenis. Minuman-minuman tersebut meliputi:

1. Soft drink

Minuman pertama yang menjadi pantangan untuk wanita yang sedang haid atau menstruasi yaitu soft drink atau minuman ringan. Soft drink dipercaya mampu menjadi minuman ampuh yang Bisa menjaga daya tahan tubuh. Terlebih di saat menstruasi, minuman ini Bisa sedikit meringankan rasa nyeri haid yang sangat sering melanda. Namun, konsumsi dalam partai besar dan jumlah yang Lebih yang tak boleh dilakukan. Hal ini di karenakan kandungan yang ada di dalam soft drink yang berupa cafein Bisa mempengaruhi kesuburan wanita. untuk kita yang menyukai soft drink atau penggemar soft drink, nampaknya kita wajib rela menahan diri untuk tak mengkonsumsi soft drink setidaknya di masa haid aja. bila tetap kita langgar pantangan ini, maka kita wajib siap menerima resikonya.

2. Kopi

Minuman kedua yang wajib dihindari saat sedang haid atau menstruasi yaitu kopi. Kopi merupakan minuman yang disukai oleh orang banyak. Kopi memang minuman santai yang selalu nikmat apabila dikonsumsi kapan aja. Ada zat yang amat terkenal dan membuat para penikmat kopi menjadi selalu ketagihan untuk minum kopi. Zat tersebut yaitu kafein. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kafein tak bagus untuk kesehatan bila dikonsumsi terlalu banyak. Disorientasi satu Imbas negatifnya yaitu mengganggu kesuburan. Sehingga untuk kita para wanita pecinta kopi, sebaiknya kita sejenak menjauhkan diri dari kopi bila tak ingin kesehatan dan kesuburannya terganggu. Hal ini Bisa dilakukan setidaknya selama masa haid aja, bila memang tak ingin jauh dari kopi.

3. Minuman dingin atau es

Minuman selanjutnya yang wajib dihindari saat sedang haid atau menstruasi yaitu minuman dingin atau segala macam bentuk es. Kabar menegenai menuman dingin yang wajib dihindari ini merupakan hal yang paling populer di masyarakat, meskipun banyak sumber yang mengatakan bahwa ini hanyalah suatu mitos aja . Kabarnya, mengonsumsi minuman dingin ini Bisa memperlambat menstruasi. Namun ada sumber yang menyatakan bahwasannya mitos ini tidaklah benar. Minuman dingin atau es sama sekali tak berpengarus terhadap Daur menstruasi. Daur menstruasi diatur oleh suatu hormon yang ada di dalam tubuh, yakni hormon esterogen dan juga progesteron. Terjadinya keterlambatan menstruasi dikarenakan di karenakan hormon tersebut sedang tak seimbang. tak seimbangnya hormon dini Bisa dipengaruhi oleh berbagai kondisi fisik, seperti kelelahan, stres, da n juga penyakit.

4. Soda

Banyak orang yang menyukai soda di karenakan akan memberi Imbas kesegaran dan juga kegembiraan. Soda ini sangat cocok saat diminum di siang hari yang Geothermal dengan dicampur dengan es dan juga sirup. Namun tahukah kita bahwa soda ternyata dipercaya menyebabkan menstruasi menjadi lebih Genjah. Namun, itu lagi- lagi hanya mitos yang menyebar di masyarakat. Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwasannya mengonsumsi minuman bersoda Bisa mempercepat menstruasi. Soda ini hanya akan membuat si peminumnya menjadi segar. Meskipun soda Bisa menyebbakan kesegaran, kita yang sedang mestruasi tak diperkenankan mengonsumsi minuman bersoda terlalu sering dan dengan jangka panjang. Hal ini akan menyebabkan Ekuilibrium nutrisi menjadi terganggu. bila Ekuilibrium nutrisi menjadi terganggu, otomatis Daur menstruasi pun juga akan Empati terganggu.

Itulah beberapa jenis minuman yang dipercaya Bisa menimbulkan masalah bila dikonsumsi saat menstruasi. Meskipun sebagian masih berupa mitos dan belum ada temuan medis yang membuktikannya. Meskipun hanya mitos belaka, tak ada salahnya kita Empati tak mengkonsumsi minuman tersebut, hanya di haid aja. Minumlah bayak- banyak air putih aja, di karenakan air putih merupakan minuman yang paling menyehatkan, menyenangkan, dan segar tanpa ada kandungan yang bermacam- macam, sihingga aman untuk tubuh terlebih untuk yang sedang haid atau menstruasi.

Aktivitas

Setelah membahas Boga dan juga minuman yang sebaiknya dihindari saat sedang haid atau menstruasi, selanjutnya ada aktivitas yang sebaiknya tak dilakukan di masa haid atau menstruasi. Hal ini di karenakan aktivitas tersebut dipercaya Bisa mengganggu Ekuilibrium tubuh atau menyebabkan kondisi buruk di tubuh yang sedang haid atau menstruasi. Namun lagi- lagi masih diselingi dengan mitos. Lalu apa aja aktivitas tersebut?

1. tak boleh Herbi seks selama masa menstruasi

Herbi seks merupakan kebutuhan untuk pasangan suami istri. Namun, ada saat- saat Eksklusif untuk seorang wanita untuk tak boleh menjalankan Interaksi seks ini. Disorientasi satunya saat dia sedang haid atau menstruasi. Hal ini menjadi pantangan utama untuk istri untuk Bisa menahan dirinya tak Herbi seks. Banyak sumber yang mengatakan bahwa Interaksi seks dilarang saat sedang haid atau menstruasi. Selain Embargo dari agama, dengan cara ilmiah juga mengatakan bahwa Interaksi seks yang dilakukan saat sedang haid Bisa menginfeksi organ vital istri dan suami, sehingga akan menyebarkan virus  kuman atau bahkan penyakit.

Hal ini di karenakan di saat sedang haid atau menstruasi, kondisi alat kelamin wanita sedang sangat kotor dan juga dipenuhi dengan kuman sehingga otomatis kuman ini nantinya akan membahayakan organ kelamin istri dan suami. Selain itu juga ada kabar beredar bila wanita yang hamil di karenakan Interaksi seks di saat menstruasi akan melahirkan  anak yang cacat atau Anemia sempurna fisiknya. Maka dari itu hendaknya pasangan suami istri Bisa menahan diri untuk tak Herbi seks dulu saat istri sedang haid atau menstruasi.

2. tak boleh keramas

Keramas berarti membersihkan kepala dan juga rambut. saat wanita sedang menstruasi atau haid, wanita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan, bagus kebersihan organ luar atau dalam. Hal ini selain untuk menjaga kesehatan juga Bisa mempengaruhi penampilan. Namun tahukah kita bahwa ternyata ada kabar yang beredar bahwa saat menstruasi atau haid, wanita justru dilarang untuk keramas? Hal ini di karenakan keramas di saat haid atau menstruasi Bisa menyebabkan timbulnya penyakit kanker dan sejenisnya. Namun hal ini lagi- lagi hanyalah suatu mitos.

Faktanya, wanita yang sedang haid atau menstruasi wajib selalu menjaga kebersihan badan ataupun yang ada di sekitarnya supaya tetap Higienis dan sehat. Bisa dibayangkan bila selama menstruasi wanita dilarang untuk keramas, betapa lepeknya rambut wanita dan hal itu justru akan menyebabkan kuman dan menjadikan wanita tampil dengan tak percaya diri.

3. wajib sering mengganti pembalut

Mestruasi yaitu kondisi dimana badan wanita sedang jorok- oroknya di karenakan wajib mengeluarkan darah kotor. Selama haid ini wanita wajib menjaga kebersihan, minimal kebersihan dirinya. Disorientasi satunya dengan rajin mengganti pembalut. Jarang mengganti pembalaut akan menyebabkan penyakit untuk wanita. Hal itu dikarenakan darah yang tertampung di pembalut merupakan darah kotor yang penuh dengan kuman serta bakteri.

bila wanita malas mengganti pembalutnya, maka tak menutupi kemungkinan bahwa alat kelamin atau vagina akan bermasalah dikemudian hari seperti akan diserang penyakit gatal-gatal dan penyakit lainnya yang lebih parah. Selain menyebabkan penyakit, jarang mengganti pembalut juga akan menimbulkan rasa yang tak nyaman serta bau yang tak sedap yang terkadang Bisa dicium dari luar.

4. Menjaga kebersihan badan

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa wanita yang sedang haid itu wajib menjaga kebersihan badannya demi kesehatannya supaya tetap terjaga. bila wanita haid malas membersihkan badannya maka tak menutup kemungkinan bahwa wanita tersebut akan dengan mudah terkena penyakit.

5. tak boleh bekerja terlalu keras

Orang yang sudah terbiasa menjalankan kerja dengan keras, akan terasa aneh bila ia mengurangi porsi kerjanya. Namun apabila kita seorang wanita yang sedang menemui haid atau menstruasi, sebaiknya kita memperhatikan kesehatan diri kita daripada wajib bekerja terlalu keras. saat wanita sedang menemui haid atau menstruasi, maka di saat itu sebaiknya jam istirahat ditambah.

Hal ini di karenakan wanita yang haid atau menstruasi mengeluarkan darah dari tubuh. kita wajib mengatur waktu istirahat kita dengan cukup. saat kita bekerja terlalu keras saat haid, maka darah yang dikeluarkan pun akan semakin banyak. bila hal ini dilakukan, maka tubuh kita akan menjadi lemas dan akan mempengaruhi produktivitas di pekerjaan kita.

Hal ini juga sama dengan : aktivitas berbahaya untuk ibu hamil – Embargo ibu hamil

6. Mengatur pola makan

Mengatur pola makan dengan makan yang teratur akan sangat bermanfaat untuk wanita yang sedang haid. Ada dua kemungkinan mengenai pola makan untuk wanita yang sedang haid atau menstruasi. Pertama, Bisa jadi kita akan menemui nafsu makan yang turun sehingga gizi yang kita peroleh tak cukup memenuhi gizi yag kita butuhkan selama haid atau menstruasi. Nafsu makan turun ini Bisa aja terjadi, terutama untuk wanita yang menemui nyeri haid yang luar biasa.

Dan yang kedua, Bisa aja nafsu makan menjadi bertambah sehingga sulit untuk mengontrolnya. bila hal ini hingga terjadi, maka akan menemui kegemukan selama masa menstruasi ini. Maka dari itu wajib mengatur pola makan, selain itu juga akan sangat bermanfaat untuk menjaga penampilan.

7. tak boleh berenang

Berenang merupakan suatu aktivitas olahraga yang Bisa membuat tubuh kita menjadi kuat. Siapa aja boleh berenang bagus dari anak- anak hingga dewasa. Namun tahukah kita siapa yang tak boleh berenang atau dianjurkan untuk tak berenang? Jawabannya yaitu wanita yang sedang haid atau menstruasi. Ada kabar yang beredar di masyarakat bahwasannya berenang di saat mestruasi akan menyebabkan kemandulan. Namun ini lagi- lagi hanya mitos belaka. bila dilihat dari kacamata medis, tak ada Embargo untuk wanita yang sedang haid untuk menjalankan kegiatan renang. Namun hal seperti ini kita kembalikan di kita yang sedang menemui menstruasi, apakah kita merasa nyaman untuk berenang di saat sedang menstruasi? bila kita merasa nyaman, tak ada salhnya untuk berenang.

Itulah beberapa aktifitas yang dilarang atau tak dianjurkan untuk dilakukan saat wanita sedang haid atau menstruasi. Semua mengenai pantangan saat haid menurut kesehatan sudah dipaparkan, Lalu apa aja yang sebaiknya dilakukan saat menstruasi?

Anjuran Kesehatan Saat Menstruasi atau Haid

Dalam Global medis jarang ada Embargo untuk menghindari ini itu saat sedang haid. Namun ada beberapa anjuran yang disarankan untuk dilakukan selama masa haid, antara lain:

  • Membersihkan organ intim dengan cara searah dari depan ke belakang
  • Mengganti pembalut setiap 3 hingga 4 jam atau saat sudah terasa becek
  • Gunakan pembalut yang tak menimbulkan alergi
  • menjalankan olahraga dengan cara rutin dan teratur
  • Banyak minum air putih
  • Minum penambah darah
  • Istiahan cukup
  • Makan Boga dengan gizi seimbang
  • Hindari kopi, alkohol, dan rokok
  • Gunakan celana katun yang tak ketat
  • apabila wajib gunakan pembersih kewanitaan dengan cara teratur
  • Mandi dengan air hangat untuk mengurangi pegal

Itulah beberapa saran atau tips yang Bisa kita lakukan saat sedang menstruasi. Itulah sedikit informasi seputar mitos dan fakta mengenai pantangan dalam menstruasi. Semoga bermanfaat.

Related Posts