Pola Makan Bayi 2 Bulan

shares

Bayi yang sudah masuk minggu ke lima awal atau usia 2 bulan sudah terbiasa dengan pola makan bayi 1 bulan. Ibu yang menyusui sudah Bisa menyadari kebiasaan kapan wajib menyusui atau membagikan susu formula. Perkembangan bayi termasuk fisik dan mental juga sudah lebih bagus. Nafsu makan bayi akan meningkat dengan cara teratur. Selain itu pengaruh gerakan usus yang bagus di bayi akan membuat bayi Bisa buang air besar dengan cara teratur. Hal inilah yang membuat bayi Bisa membutuhkan asupan susu yang lebih besar. untuk orang tua yang mempunyai bayi dengan kelahiran prematur, maka saat usia bayi masuk bulan ke dua maka perkembangan berat badan wajib selalu dipantau.



Jumlah Kebutuhan ASI atau Susu Formula

Bayi usia 2 bulan masih membutuhkan ASI atau susu formula sebagai komponen nutrisi utama. Bayi kita belum memerlukan Boga padat apapun dan sama sekali tak dibenarkan bila orang tua membagikan Boga padat. Bahkan bayi kita sama sekali belum memerlukan minuman tambahan seperti air putih, jus atau sari buah. Jumlah kebutuhan ASI atau susu formula untuk bayi usia 2 bulan yaitu sekitar 5 – 6 ons dalam setiap kali menyusui. Bayi kita mungkin Bisa membutuhkan sekitar 5 atau 6 kali menyusui dalam setiap hari. Namun beberapa bayi Bisa meminta lebih dan masih tergantung dari karakter bayi. 

Perubahan Pola Makan Bayi 2 Bulan

saat bayi kita sudah masuk bulan ke 2 maka ada beberapa perubahan yang terjadi dari saat masih berusia 1 bulan. Beberapa perubahan ini yaitu seperti:

  1. Bayi kita Bisa membutuhkan lebih dari 12 – 24 ons susu dan bahkan lebih dari 30 ons susu untuk kebutuhan total per hari. Orang tua wajib melihat beberapa perubahan penting saat bayi sudah mulai lapar atau merasa sudah kenyang.
  2. Bayi kita Bisa membutuhkan waktu tidur yang lebih lama yaitu sekitar 16 jam per hari, termasuk untuk tidur malam dan siang hari. 
  3. Bayi kita membutuhkan nutrisi yang cukup di karenakan dibutuhkan untuk perkembangan otot, kemampuan interaksi, dan perkembangan kemampuan sosial

Contoh Jadwal Menyusui untuk Bayi Usia 2 Bulan

  1. 04:30 – 05:00 = bayi mungkin akan bangun pagi untuk minta susu. Waktunya ibu menyusui atau membagikan susu formula. Biasanya bayi akan tidur lagi setelah mendapatkan susu.
  2. 07:00 / 08:00 = bayi bangun, ibu Bisa memandikan bayi setelah itu membagikan ASI atau susu formula.
  3. 09:00 – 12:00 = bayi kita akan suka bila diajak bermain di dalam rumah, dan diselingi waktu untuk tidur atau minta ASI / susu formula.
  4. 12:30 = bayi kita mulai bangun untuk bermain sebentar, minta ASI / susu formula dan setelah itu tidur lagi setelah merasa lelah.
  5. 16:00 = bayi bangun tidur, kita Bisa mengajaknya bermain di luar rumah, mandi setelah itu minum susu.
  6. 19:00 = bayi kita akan mulai lelah, minta ASI/ susu formula, setelah itu tidur malam.
  7. 00:00 = bayi kita mulai merasa lapar saat tidur dan merasa tak nyaman hingga bayi mulai menangis. Setelah itu kita Bisa membagikan ASI supaya bayi Bisa tidur lagi.
  8. 03:00 = beberapa bayi mulai bangun dan merasa lapar lagi. kita tetap Bisa membagikan ASI atau susu formula.

Jadwal ini hanya sebagai contoh dan kita Bisa menyesuaikan dengan kebiasaan bayi.  Bayi usia 2 bulan tak banyak menjalankan aktifitas dan lebih sering minta susu lalu tidur. Semua pola makan ini sangat penting untuk perkembangan bayi usia 2 bulan.

Tips Mengatasi Bayi Muntah Usia 2 Bulan

Beberapa  bayi menyusui dengan kuat sehingga Bisa mendapatkan ASI atau susu formula dalam jumlah yang tepat. Namun bayi usia 2 bulan paling sering muntah setelah minum susu di karenakan kekenyangan. Ini yaitu kondisi yang wajar selama bayi tak demam, flu atau batuk. Berikut ini tutorial mengatasi bayi muntah usia 2  bulan.

  1. Usahakan untuk membagikan ASI atau susu formula saat bayi sebenarnya belum terlalu lapar. Hal ini Bisa membiasakan bayi untuk tak minum susu terlalu banyak hanya di karenakan perasaa lapar yang sangat buruk. Dengan tutorial ini juga Bisa menghindari gumoh di bayi setelah minum susu.
  2. Satu jam setelah minum ASI atau susu formula, maka biasakan posisi bayi sedikit lebih tegak. tutorial ini akan membantu susu yang sudah hingga ke saluran pencernaan tak kembali ke saluran pencernaan atas.
  3. Bayi yang sering bersendawa akan lebih bagus di karenakan Bisa mengeluarkan gas dan rasa tak nyaman di saluran pencernaan. bila bayi Bisa bersendawa maka ini sangat bagus di karenakan ada manfaat sendawa untuk bayi yang sehat.
  4. Jangan Lebih saat menyusui. Banyak ibu yang tak tahu kapan bayi merasa kenyang sehingga terus membagikan ASI. Sehingga ASI atau susu formula wajib Genjah dihentikan saat bayi sudah tak terlalu menginginkan susu. Susu formula yang Lebih Bisa menyebabkan bayi sulit BAB. 
  5. Hindari mengajak bayi bermain setelah minum susu. Biarkan bayi istirahat supaya perut bayi merasa lebih nyaman. Terlalu banyak gerakan setelah minum susu Bisa menyebabkan bayi muntah. Perhatikan juga bila bayi sering muntah setelah mendapatkan imunisasi.
  6. bila bayi sering demam dan muntah maka kondisi kesehatan bayi mungkin sedang tak bayi. tutorial mengatasi demam di bayi Bisa membantu membuat bayi lebih nyaman.

Tips Menyusui Bayi Usia 2 Bulan

  1. Perhatikan semua Asterik saat bayi sudah mulai lapar. Bayi kita mulai lapar saat sedikit rewel, mulai membuka mulut untuk mencari puting payudara atau botol susu. bila kita membelai lembut pipi bayi maka bayi akan mengikuti belaian itu dan merasa gelisah untuk minum susu. saat bayi sangat lapar di malam hari maka Bisa menjadi penyebab bayi menangis terus.
  2. Jangan pernah menunda membagikan susu kepada bayi usia 2 bulan yang sudah lapar. bila kita terlambat membagikan susu maka biasanya bayi sudah Bisa marah, menangis kencang dan membagikan susu sama sekali tak bermanfaat sebelum bayi merasa tenang. Bayi kita sudah mengembangkan emosi sehingga perhatikan Asterik saat bayi sudah mulai marah.
  3. Bayi kita sudah mulai mempunyai otot yang bagus, bahkan di periode minggu terakhir di usia 2 bulan maka kepala bayi sudah Bisa bersandar dengan bagus. Namun perhatikan untuk memilih posisi menyusui yang paling tepat yaitu meletakkan kepala di bagian lengan yang ditekuk ke arah payudara. 
  4. Konsumsi berbagai jenis Boga termasuk buah, sayuran, daging, telur dan ikan untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Semakin besar bayi kita maka semakin tinggi juga kebutuhan susu. 

Bayi usia 2 bulan memang menjadi awal saat bayi kita sudah mulai terlihat besar. Kebutuhan Boga juga akan lebih besar sehingga ASI atau susu formula wajib disediakan dalam jumlah yang cukup. saat kita mulai bekerja di luar rumah di usia bayi 2 bulan, maka pastikan membiasakan memeras susu sehingga bayi kita tetap mempunyai cadangan.

Related Posts