Bayi Tidur Tengkurap – Bahaya, Manfaat dan Tips Sehat

shares

Tidur merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh bayi, di karenakan bayi masih belum Bisa menjalankan aktivitas lain kecuali makan dan tidur. untuk seorang bayi tidur itu sangat bermanfaat baginya, selain untuk merangsang perkembangan otaknya, saat tidur hormon-hormon pertumbuhan dikeluarkan.



Semakin nyenyak tidur bayi maka pertumbuhan dan perkembangan otaknya maksimal, kelak saat besar ia akan menjadi orang yang cerdas. tak hanya itu saat tidur bayi nyaman maka hormon-hormon pertumbuhan akan bekerja maksimal dan mampu memperbaiki sel-sel yang terdapat dalam tubuh bayi. Oleh di karenakan itu sebagai orang tua kita wajib pintar memilih posisi tidur yang mampu membuat nyaman tidur bayi kita.

Posisi Tidur Bayi

di dasarnya posisi tidur bayi ada 3, yaitu tengkurap, terlentang dan miring. Posisi terbaik akan didapat bila kita menyesuaikan dengan kondisi di bayi.

Posisi terlentang

Posisi ini umumnya ditemui di bayi yang berumur 0-3 bulan, dikarenakan di usia ini bayi masih belum Bisa berguling dan belum banyak gerak. Posisi ini diianggap paling aman di karenakan menurut bebrapa ahli dengan terlentang bahaya kematian karena Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) hingga 50%.

Posisi miring

Posisi ini sering kita temui di bayi yang prematur, terutama untuk yang masih memakai alat bantu untuk bernafas. Dengan posisi miring ke kanan diharapkan proses pengosongan dalam lambung berjalan lebih Genjah dan mudah.

Posisi Tengkurap

Untuk posisi tidur yang satu ini masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. di karenakan ada yang menganggap bayi tidur tengkurap merupakan faktor utama penyebab kematian mendadak (SIDS) dan di Hepotenusa lain ada yang menganggap tengkurap mempunyai banyak manfaat untuk bayi. Dari perdebatan inilah kami akan membahas mengenai bagus atau tidakkah, posisi tengkurap untuk bayi.

Bahaya

Kebanyakan orang tua memang tak setuju dengan menidurkan bayi dengan posisi tengkurap dengan alasan takut bayi sulit bernafas, terjadinya sindrome kematian mendadak dan lain sebagainya. Memang ada benarnya sikap siaga dari orang tua seperti mereka, di karenakan tengkurap Bisa membawa dampak negatif untuk bayi kita saat dilakukan dengan cara berlebih dan Anemia pengawasan, antara lain :

1. Mengganggu sistem pernafasan

di dasarnya posisi tengkurap membuat posisi wajah terhalang oleh alas, jadi hidung sebagai alat pernafasan pun Empati tertutupi sehingga sulit terjadi sirkulasi pertukaran antara karbondioksida dan oksigen. Selain itu, dengan tengkurap dada bayi akan berubah fungsi menjadi penopang badan, sehingga dada tertekan dan sulit untuk mengembang sehingga bayi kalian rentan untuk sesak nafas.

2. Menghambat kinerja otak

saat tengkurap organ tubuh bayi kalian tertekan oleh berat badannya. Mulai dari wajah, dada, perut hingga ujung kaki. Hal ini mampu menyebabkan peredaran darah bayi kalian terganggu dengan tekanan berat badan bayi kalian, sehingga pasokan darah yang Futuristis otak pun terganggu sehingga akan membuat fungsi otak dari bayi kalian terganggu.

3. Menurunkan kinerja jantung

tak Bisa dipungkiri saat bayi kita tidur dengan posisi tengkurap, maka jantung akan tertindih oleh badan bayi. Hal ini akan membuat jantung bekerja lebih berat untuk memompa darah di karenakan jantung yang biasanya Dinamis bebas untuk memompa, saat tengkurap maka otomatis jantung wajib bersusah payah untuk bekerja. Apabila hal ini dilakukan dengan cara lama dan terus menerus maka Bisa jadi bayi kalian akan mempunyai lemah jantung. (Baca juga : kelainan jantung di bayi)

4. Menyebabkan pegal-pegal

di dasarnya tujuan tidur yaitu untuk menjadikan tubuh segar dan fit, namun dengan posisi tengkurap semuanya Bisa berbalik yang awalnya ingin melihat bayi kalian segar malah mendapatkan rasa sakit atau pegal di bagian tubuhnya seperti leher. di karenakan dengan posisi tengkurap, bayi kita sering menolehkan kepalanya ke kanan dan ke kiri. Sehingga saat bangun leher bayi kalian akan terasa sakit.

5. Terganggunya sistem syaraf

Ternyata tengkurap Bisa menyebabkan syaraf bayi kalian terjepit. di karenakan di dasarnya tengkurap membuat syaraf-syaraf di tubuh bayi kalian tertekan oleh berat badan bayi. Apabila ini berlangsung lama dan terus menerus Bisa jadi syaraf bayi kalian Bisa tak berfungsi seperti biasanya.

Manfaat

Namun wajib kalian ketahui semua itu mempunyai kelemahan dan kelebihan. Tidur tengkurappun mempunyai manfaat untuk bayi kalian bila dilaksanakan dengan bagus dan dalam pengawasan yang bagus pula, yaitu antara lain :

1. Melatih kekuatan Paru-Paru

saat tengkurap, posisi paru-paru bayi kalian terletak di bawah dan bertatapan dengan kasur. Hal ini menyebabkan paru-paru bayi kalian merangsang pembentukan tulang paru-paru yang kuat yang diakibatkan tuntutan untuk menopang berat badan. Kita boleh memakai metode tidur tengkurap ini untuk melatih kekuatan paru-paru dalam jangka Eksklusif tak boleh Lebih dan tetap dalam pengawasan.

2. Menguatkan Otot leher

saat posisi tengkurap, otomatis bayi kalian menggerakkan lehernya ke kanan dan ke kiri, apabila masih dalam usia pertumbuhan sekitar umur 4 bulan, hal ini akan membawa kebaikan untuknya. Leher yang biasa digerakkan akan membentuk suatu oto yang kuat di leher. Namun wajib tetap diingat batasi bayi kalian untuk tengkurap dan tetap awasi dengan bagus.

3. Membuat Tidur lebih nyenyak dan nyaman

Tengkurap ternyata membuat bayi lebih nyaman dan lama saat tidur, di karenakan saat tengkurap semua organ tubuh yang telah digunakan bayi istirahat dan mendapat treatment dari tekanan berat badannya. Contohnya saat tengkurap dada, perut tangan dan yang lain berada di bawah dan tertekan oleh berat badan sang bayi, hal itu layaknya suatu dekapan hangat dari sang ibu.

4. Mengistirahatkan organ tubuh belakang

Dengan tengkurap sang bayi mampu mengistirahatkan organ belakangnya seperti paha dan punggungnya yang sering digunakan untuk beraktivitas dan sebagai penopang tubuh saat Dinamis. Dengan tengkurap sang bayi mampu mendapatkan Ekuilibrium kerja antara organ tubuh depan dan belakang.

5. Menghindari Flat Head di Bayi

Flat head yaitu istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kepala bayi yang peang, atau menjorok ke dalam. Dengan tengkurap maka kepala bayi terhindar dari tekanan, sehingga akan terbentuk suatu kepala yang proposional.

6. Pembentukan tengkorak bayi lebih bagus

Dengan posisi tengkurap, kepala bayi kalian tak tertekan oleh berat badan bayi, sehingga pembentukan tengkorak di bayi akan semakin Genjah dan bagus.

7. Mengurangi Imbas kaget di bayi

saat tertidur bayi sering mendapatkan kaget di karenakan suasana disekitarnya seperti di gigit nyamuk dan lainnya. Dengan tengkurap Imbas kaget di bayi Bisa dikurangi, di karenakan saat tengkurap ruang gerak bayi sedikit sehingga respon yang diberikan di tekanan dari luar hanya sedikit.

Tips untuk Bayi Tidur Tengkurap

untuk kalian para orang tua yang ingin pertumbuhan dan perkembangan bayinya bagus, tak usah khawatir saat anak kalian tidur tengkurap. Ada tips aman saat kalian menginginkan bayi kalian tidur tengkurap dan tetap aman tak menimbulkan suatu kerugian. Ini dia Tipsnya :

  • Awasi bayi kalian saat tidur tengkurap, Genjah rubah posisi tidurnya saat bayi kalian sulit bernafas.
  • Berikan jeda waktu, jangan terlalu lama memberi waktu bayi kalian untuk tidur tengkurap, cukup dengan 30 menit aja.
  • Jangan sesekali memaksakan bayi kalian tengkurap, biar dia sendiri yang tengkurap.
  • Hindari memakai kasur atau alas yang terlalu empuk. di karenakan hal itu akan mengganggu pernafasan bayi.
  • Pastikan hidung dan mulut bayi kalian tak tertutup apapun, di karenakan akan mengganggu pernafasan sang bayi.
Itulah tips aman saat kalian ingin bayi kalian tidur tengkurap. Ada satu lagi hal yang wajib kalian ketahui sebagai orang tua.

di usia berapakah bayi kita boleh tidur tengkurap ?

di umumnya bayi Bisa tengkurap sendiri di kisaran usia 3-6 bulan. Namun umur yang paling tepat untuk tidur dengan posisi tengkurap yaitu usia 4 bulan. di karenakan di usia ini bayi telah mampu dengan cara sadar menopang kepala dan lehernya. Selain itu dia juga mampu mendorong badannya dengan memakai siku tangan, di karenakan otot-ototnya sudah terlatih dan terbentuk dengan cara maksimal.

saat bayi kalian sudah Bisa menjalankan hal itu, maka diperbolehkan untuk tidur dengan posisi tengkurap. Ingat jangan paksakan anak saat belum Bisa tengkurap sendiri. Dan berikan pengawasan ekstra saat menginginkan bayi tidur tengkurap dan janganlah Lebih.

Related Posts