Pola Makan Bayi 10 Bulan – Kebutuhan, Jadwal dan Jenis Boga

shares

Apakah bayi kalian sudah masuk usia 10 bulan? Ini saat yang tepat untuk mengenalkan Boga padat yang dipotong kecil. Namun untuk mendukung perkembangan bayi kalian juga masih membutuhkan ASI atau susu formula. Orang tua wajib tetap mempertahankan kebutuhan susu di karenakan susu mendukung pertumbuhan bayi. saat bayi mulai ditinggal bekerja maka asupan gizi juga wajib dijaga. Berikut ini beberapa pola makan untuk bayi usia 9 bulan yang Bisa dipelajari.



Berapa Jumlah Kebutuhan ASI atau Susu Formula untuk Usia 10 Bulan?

Bayi yang sudah masuk usia 10 bulan membutuhkan Boga padat dengan jadwal yang rutin. Mereka biasanya akan mudah marah atau rewel bila tak mendapatkan asupan Boga yang cukup. Kekurangan Boga di usia ini juga Bisa menurunkan berat badan, sistem pertumbuhan bayi dan kekurangan gizi. Juga ada beberapa jenis penyakit karena kekurangan gizi di bayi dan balita yang wajib diwaspadai semua orang tua. di karenakan itu bayi usia 10 bulan setidaknya membutuhkan ASI atau susu formula sebanyak 400 hingga 0 ml selama 24 jam. Beberapa bayi juga Bisa membutuhkan lebih dari jumlah tersebut. Semua kebutuhan nutrisi ini Bisa disesuaikan dengan karakter bayi. Bayi yang sudah mulai banyak aktifitas biasanya membutuhkan jumlah Boga yang lebih banyak. 

Contoh Jadwal Makan Bayi Usia 10 Bulan

  1. 06:00 – 07:00 = Bayi kalian mulai bangun pagi dan kalian Bisa langsung memberi ASI atau susu formula. saat bayi kalian mulai lapar maka jangan memulainya dengan Boga padat di karenakan Bisa mengurangi kebutuhan ASI bayi kalian dan masalah pencernaan. 
  2. 07:00 = Setelah bayi kalian bangun dan mulai suka bermain dengan saudaranya atau kalian, maka biasakan untuk mandi pagi. saat tubuh bayi merasa segar maka juga Bisa melonjakkan nafsu makan saat sarapan pagi.
  3. 09:00 = Ini waktu yang sangat tepat untuk membagikan sarapan untuk bayi kalian. Kenalkan dengan Boga pendukung ASI supaya mereka mulai menyukai Boga. Namun ingat untuk membagikan dalam jumlah yang tak terlalu banyak. kalian Bisa membagikan sarapan sambil bermain.
  4. 10:00 = Bayi kalian mungkin akan merasa mengantuk di karenakan perut yang lebih kenyang. supaya bayi lebih nyaman maka kalian Bisa menidurkan bayi Anemia lebih selama 1 jam.
  5. 11:00 = Saat bayi bangun dari tidurnya maka berikan ASI supaya bayi mempunyai perasaan yang lebih bagus. Setelah itu berikan beberapa Boga camilan yang Bisa membuat bayi memegang Boga sendiri. untuk kalian yang sudah membagikan susu formula, maka berikan susu formula sebagai pengganti ASI.
  6. 13:00 = Setelah bayi kalian merasa lelah bermain atau beraktifitas antara jam 11:00 – 13:00, maka ini saat yang tepat untuk membagikan makan siang. Berikan makan siang yang sedikit lebih berat seperti sumber karbohidrat dan protein. ASI atau susu formula di siang hari mungkin akan berkurang jumlahnya di karenakan bayi sudah cukup kenyang.
  7. 14:00 = Biasakan bayi kalian tidur siang di waktu ini. Minimal semua bayi wajib tidur Anemia lebih selama 1 jam. Tidur siang sangat bagus untuk istirahat dan membantu metabolisme tubuh bayi.
  8. 15:00 – 16:00 = Saat bayi kalian bangun dari tidur siang, maka berikan ASI atau susu formula. Setelah itu berikan camilan untuk sore hari. Camilan sangat bagus untuk membantu bayi tak merasa terlalu lapar di malam harinya. Setelah itu mandikan bayi supaya tubuhnya lebih segar.
  9. 17:00 – 18:00 = ini waktu yang tepat untuk membagikan makan malam untuk bayi. kalian Bisa mengatur waktu, apakah bersama keluarga atau bayi sendiri yang makan.
  10. 18:15 = bila bayi kalian sudah merasa lelah, maka kalian Bisa menidurkan bayi. Selalu berikan ASI atau susu formula sebelum tidur supaya bayi tak terlalu rewel di malam harinya.
Semua bayi Bisa mempunyai kebiasaan dan waktu yang berbeda untuk meminta ASI atau susu formula. di usia 10 bulan biasanya bayi masih bangun malam setidaknya 1 kali untuk meminta ASI atau susu formula.

Jenis Boga Tambahan untuk Bayi Usia 10 Bulan

Minggu 1 & 2
  1. Senin : yogurt, roti gandum, biskuit gandum, jus buah alami (apel, melon, stroberi), sup sayuran (bayam, labu, brokoli, dan wortel).
  2. Selasa: Buah yang diiris tipis (apel, semangka, melon), anggur, sup sayuran (brokoli, selada), sup kaldu ayam, biskuit, roti selai kacang, aprikot.
  3. Rabu : sup jagung manis, oat, pasta, sereal, jus sayuran atau buah (buah manis lebih bagus), ubi jalar, yogurt dan ikan salmon.
  4. Kamis : pisang, roti gandum tawar, yogurt, jus buah, sayuran, suwiran ayam, biskuit bayi, sayuran hijau (brokoli, bayam).
  5. Jumat : roti olahan (panggang/bolu), buah apel, kurma, jus buah (buah naga, anggur, belimbing, pisang), ikan salmon, ubi jalar, kentang, biskuit gandum.
  6. Sabtu: apel, roti coklat, sereal, jus buah, sup sayuran (kubis, wortel, seledri, kentang), tomat, terong, kacang-kacangan, dan olahan gandum.
  7. Minggu : bubur nasi/bubur roti, jus buah, sup sayuran, olahan daging sapi (bakso), sayuran kukus (brokoli, kembang kol), kentang, bayam, keju, puding susu.

Minggu 3 & 4

  1. Senin : selai pisang/bubur pisang, buah pir, anggur, jus buah, sayuran (wortel, seledri, kembang kol, brokoli, kentang), sup ayam manis, ubi jalar, mentimun, puding tepung, dan camilan yang dikukus.
  2. Selasa: yogurt, apel, jus buah (jeruk, aprikot), sayuran rebus (wortel dan kentang), biskuit bayi, ikan yang dimasak lunak.
  3. Rabu : telur tumis dicampur sayuran (wortel dan brokoli), mie gandum (pasta atau spageti), jus buah, kentang panggang, yogurt dan biskuit bayi.
  4. Kamis : yogurt dan buah kering (kurma atau pepaya), jus buah (apel, pir, melon dan anggur), ayam lunak, keju, puding dan apel.
  5. Jumat : apel dan buah pir yang dilembutkan, sereal untuk bayi, roti gandum untuk bayi, ikan salmon, olahan sayuran (brokoli dan kembang kol), yogurt, mie atau pasta gandum untuk bayi.
  6. Sabtu : bubur untuk bayi, jus buah (semangka, pisang, melon atau buah naga), bayam rebus, mie ringan, dan pasta untuk bayi.
  7. Minggu : jus buah delima, sayuran hijau (bayam, brokoli, kale dan labu), wortel, kentang, kubis, dan kacang-kacangan, ikan salmon atau ikan sarden, yogurt atau kefir, kentang iris atau ubi jalar kukus, dan buah kurma.
Semua jenis Boga tersebut Bisa diberikan untuk bayi, asalkan dimasak dengan benar. Bayi kalian sudah tumbuh gigi sehingga mereka Bisa mengunyah Boga meskipun sangat lambat. Potongan atau irisan sayuran dan buah wajib dibuat lebih kecil, supaya bayi Bisa makan sendiri.

Mengenalkan Rempah dan Garam untuk Bayi Usia 10 Bulan

Bayi yang sudah masuk usia 10 bulan Bisa diberikan Boga tambahan seperti sayuran atau jenis lauk (ikan dan daging). Namun usia 10 bulan menjadi waktu yang paling tepat untuk memperkenalkan Boga baru dengan bumbu baru. kalian Bisa memulai menambahkan beberapa jenis rempah  – rempah yang ringan seperti Ebonit manis, lada, kapulaga, dan ketumbar. Jenis rempah ini wajib diberikan dalam jumlah yang terbatas di karenakan masih menjadi Boga perkenalan. bila ada reaksi yang Anemia bagus seperti sakit perut atau bayi menolak Boga, maka sementara jangan berikan tambahan bumbu tersebut. Usia 10 bulan masih belum Bisa menerima garam dengan bagus, di karenakan itu tetap batasi asupan garam untuk bayi kalian.

Jadi pastikan kalian mengatur menu makan tambahan untuk bayi usia 10 bulan supaya mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang. Selain itu perhatikan tips memasak berbagai menu Eksklusif untuk bayi.

Related Posts