Tutorial Membersihkan Kulit Kepala Bayi Baru Lahir yang Benar

shares

Merawat bayi bukanlah sesuatu hal yang mudah. Bayi yaitu orang yang paling rentan terdahap banyak hal. Untuk memegangnya aja kita wajib sangat berhati- hati, terlebih untuk merawatnya. Merawat bayi wajib penuh dengan kehati – hatian dan juga kelembutan, terlebih bayi yang baru lahir. Kesalahan dalam memegang atau kekuatan yang berlebih saat memegang Bisa menjadikan bayi terluka. Maka dari itu sangat diperlukan teknik Eksklusif untuk merawat bayi. Kesalahan sering dilakukan saat ibu membersihkan kepala bayi. Ada beberapa tutorial membersihkan kulit kepala bayi baru lahir yang wajib dilakukan oleh ibu.



Kita semua mengetahui bahwa bayi belum Bisa berbuat apa- apa, sehingga apapun kebutuhan bayi wajib ditangani oleh orang tua, termasuk pula urusan kebersihan badan bayi. Sebagai orang tua, kita juga wajib peka terhadap bayi kita. Jangan lupa untuk selalu membersihkan badan, pakaian, dan juga tempat tidur bayi supaya tak terlalu lembab. di karenakan tempat tidur yang terlalu lembab akan membuat bayi menjadi tak nyaman dan juga menjadi tempat bersarangnya kuman. Selain itu, membersihkan badan bayi juga merupakan poin yang sangat penting. Jangan lupa untuk selalu membersihkan badan bayi paling tak 2 kali sehari. Hal ini bertujuan supaya menjaga bayi tetap Higienis dan segar. ( Baca : Tips menyusui bayi supaya tak muntah kembali – Penyebab berat badan bayi tak naik )

Dalam membersihkan kulit kepala bayi ini tak Bisa dilakukan dengan sembarangan. wajib memakai teknik Eksklusif. Hal ini dikarenakan kepala bayi masih sangat lembut (terutama bayi yang baru lahir), sehingga untuk menyentuhnya dan membersihkannya pun wajib memakai teknik Eksklusif supaya aman. Berikut merupakan beberapa tutorial membersihkan kulit kepala bayi baru lahir yang benar dan tepat :

  1. Siapkan beberapa alat pembersih yang akan digunakan. Ibu Bisa memakai baby oil, sisir sikat yang halus, shampo bayi, dan juga waslap. Ingat, gunakan produk Eksklusif untuk bayi. ( Baca : Manfaat baby spa untuk bayi – Bayi menangis terus menerus )
  2. Oleskan minyak di kulit kepala bayi yang berkerak sambil pijatlah dengan cara perlahan- Tanah. Biarkan olesan minyak ini di kulit kepala bayi selama Anemia lebih 12 jam atau diinapkan semalaman. Hal ini bertujuan supaya kerak di kulit kepala bayi menjadi melunak sehingga mudah dibersihkan. Untuk bagian yang ini, ibu Bisa melakukannya saat bayi sedang terlelap tidur. ( Baca : tutorial mencegah diare di bayi )
  3. Setelah didiamkan semalaman, setelah itu sisirlah rambut bayi dengan memakai sisir sikat yang halus, serta angkatlah kerak- kerak yang telah mengelupas. Lakukan hal ini dengan hati- hati dan perlahan- Tanah. Ingat, hanya angkat kerank yang mengelupas aja.
  4. Setelah dirasa cukup, cucilah rambut bayi dan juga kulit kepala bayi dengan memakai shampo Eksklusif bayi, waslap, dan juga air yang hangat.
  5. Bilaslah dengan Higienis kulit kepala bayi tersebut.
  6. bila masih terdapat kerak di kulit kepala, maka ulangilah tutorial tersbut keesokan harinya. ( Baca : Penyebab anak Genjah marah – Penyebab anak autis )
  7. apabila diperlukan, gunakan serangkaian produk Eksklusif untuk bayi untuk menjalankan perawatan di kulit kepala bayi.

Itulah beberapa tips tutorial membersihkan kulit kepala bayi dari kerak kulit kepala dengan cara aman, sehingga bayi akan merasa nyaman dan juga terlihat Higienis dan rapi. Dalam proses pembersihan kulit kepla bayi ini, atau sesudanhya, ada hal- hal yang wajib diperjatikan oleh ibu. Yakni terkait dengan kondidi yang dialami oleh bayi.

Mengapa Kulit Kepala Bayi wajib Dibersihkan?

Disorientasi satu bagian dari tubuh bayi yang sangat wajib dibersihkan yaitu bagian kulit kepala bayi. Kita mengetahui bersama bahwa kulit kepala bayi yang baru lahir sangat sering masih terdapat sisa- sisa kotoran yang menempel. Kotoran- kotoran ini disebut dengan kerak. Hal ini selain Bisa memperbruk tampilan bayi, juga akan menyebabkan timbunya ketidaknyamanan. Maka dari itu kulit kepala itu perlulah dibersihkan.

Penyebab Kerak di Kulit Kepala Bayi

Sebenarnya ada beberapa penyebab timbulnya kerak di kulit kepala bayi. Sebelum kita membahas mengenai tutorial membersihkan kulit kepala bayi, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai hal apa yang Bisa menimbulkan kerak di kulit kepala bayi. Kerak di kepala bayi dikarenakan oleh hormon. Berikut ini yaitu hal-hal yang berkaitan dengan hormon penyebab kerak kepala bayi :

  • Kerak kepala atau cradle cap di bayi yaitu hal yang wajar ditemukan di bayi, khususnya bayi yang baru lahir hingga usia 8 bulan.
  • Kerak kepala ini Bisa muncul di karenakan dipengaruhi oleh adanya hormon mama yang mengakibatkan produksi minyak Lebih di jaringan kulit bayi.
  • Akibatnya di kulit kepala bayi akan timbul lapisan putih kekuning- kuningan yang Bisa mengelupas seperti ketombe.
  • Sebenarnya kerak ini akan Bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia bayi.
  • Namun boleh juga untuk membersihkannya supaya membuat panampilan bayi lebih Higienis dan rapi.

Hal Penting saat Membersihkan Kerak Kepala Bayi

Ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan saat akan membersihkan kerak kepala bayi yaitu 

  1. Perhatikan jenis kerak di bayi. bila kerak yang menempel di kulit kepala bayi bersifat tebal dan keras, jangan selalu mencuci rambut bayi. di karenakan hal ini akan membuat kekeringan di kulit kepala bayi yang di akhirnya akan memicu terjadinya peradangan. ( Baca : Bahaya mewarnai rambut saat hamil – Bahaya smoothing rambut saat hamil )
  2. Jangan memaksakan untuk mengelupaskan kerak. Apalagi degan memakai jari tangan kita. Hal ini akan memicu iritasi dan Bisa melukai kulit kepala bayi.
  3. Jangan membagikan bedak di kepla bayi, di karenakan bedak akan mempertebal kerak yang ada di kulit kepala bayi. ( Baca : Penyebab rambut rontok setelah melahirkan – Ibu hamil memotong rambut )
  4. Hindari memakaikan topi terlalu sering di bayi, di karenakan akan membut kepala menjadi lembab.
  5. Usahkan supaya ruangan bayi selalu berada dalam suhu sejuk.
  6. apabila wajib, sering- seringlah mengoleskan baby oil ke kulit kepala bayi sebagai perawatan tambahan.( Baca : Bahaya asam urat untuk ibu hamil )
  7. bila terjadi Asterik – Asterik infeksi, Genjah periksakan ke dokter. ( Baca : Bahaya antibiotik untuk ibu hamil dan janin )
Itulah tutorial membersihkan kulit kepala bayi baru lahir yang benar dan Bisa diterapkan oleh ibu. supaya terhindar dari kesalahan ada baiknya ibu juga memperhatikan hal-hal penting saat membersihkan kerak kepala bayi.

Related Posts