Vitamin A untuk Ibu Hamil – Manfaat, Dosis dan Makanannya

shares

Vitamin A merupakan Disorientasi satu jenis vitamin yang larut dalam lemak (selain vitamin E). Vitamin tersusun atas senyawa retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Vitamin A erat kaitannya dengan kesehatan mata. Banyak mengonsumsi vitamin A dalam jumlah yang dianjurkan, Bisa membantu mengoptimalkan kesehatan mata dan juga tubuh. 



Selain itu, vitamin A juga masih mempunyai manfaat lain, yakni :

  • Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata – Senyawa retinol dalam vitamin berperan penting dalam proses penglihatan. Kinerja vitamin A dalam proses penglihatan ialah dengan membantu penyaluran objek yang diterima oleh retina untuk diberikan kepada otak sehingga menjadi bentuk gambar.
  • melonjakkan sistem imunitas tubuh – Vitamin A merupakan senyawa yang sering disebut beta karoten. Beta karoten tersebut merupakan antioksidan alami yang mencegah dampak negatif dari radikal bebas. Berbagai penyebab penyakit seperti bakteri, virus, Fungi, dan patogen akan ditangkal oleh vitamin A sehingga tak menyebabkan tubuh sakit.
  • Mencegah penyakit kanker – Vitamin A Bisa mencegah dampak buruk radikal bebas, Disorientasi satunya merupakan timbulnya penyakit kanker. Vitamin mempunyai kemampuan menekan pertumbuhan DNA di sel kanker.
  • Mempercepat penyembuhan luka di kulit – Vitamin A mempunyai kemampuan menjaga kesehatan jaringan dalam tubuh, sehingga proses penyembuhan luka Bisa dipercepat dengan Donasi vitamin A.
  • Membantu pertumbuhan janin – Vitamin A juga berperan untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan. Vitamin A akan membantu proses pembentukan organ dan jaringan di perkembangan janin.
Manfaat

Vitamin A merupakan vitamin penting yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, seperti yang telah dijelaskan di atas. untuk ibu hamil, vitamin A juga wajib dicukupi asupannya guna menjaga kesehatan ibu ataupun janin dalam kandungan. Berikut beberapa manfaat vitamin A untuk ibu hamil :

  • Mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan. Vitamin A berperan dalam pembentukan jaringan dan organ di janin, seperti mata, tulang, dan juga perkembangan jaringan kulit janin. Asupan vitamin A dengan jumlah yang dianjurkan Bisa mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan.
  • Menjaga kesehatan janin. Konsumsi vitamin A dalam jumlah tepat Bisa menjaga kesehatan janin. Alasannya, vitamin A mempunyai kemampuan sebagai antioksidan yang berperan untuk mencegah masuknya berbagai penyakit ke dalam tubuh, termasuk munculnya penyakit di janin.
  • Vitamin A untuk ibu hamil mempunyai peranan dalam proses perbaikan jaringan. terutama proses perbaikan setelah proses persalinan. Vitamin A akan membantu kesehatan penglihatan ibu setelah melahirkan tetap terjaga. Selain itu, vitamin A juga Bisa mencegah terjadinya infeksi di ibu hamil.
  • Vitamin A juga Bisa membantu proses melahirkan normal di ibu hamil. Saat proses kelahiran tersebut berlangsung, ibu akan sangat rentan terkena infeksi. Vitamin A, selain membantu proses kelahiran dengan cara normal, juga akan mencegah terjadinya infeksi karena proses kelahiran tersebut.

Dosis Vitamin A yang Tepat untuk Ibu Hamil

Konsumsi vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Hanya aja, konsumsi vitamin A juga wajib sesuai dengan Anggaran yang dianjurkan kesehatan.

  • Seorang ibu hamil di bawah usia 19 tahun Bisa mengkonsumsi vitamin A sebesar 750 mikrogram RAE atau setara dengan 2500 IU per hari.
  • Untuk ibu hamil dengan usia 19 tahun ke atas, disarankan mengkonsumsi vitamin A sebesar 770 mikrogram RAE atau setara dengan 2565 IU per hari.
  • untuk ibu menyusui yang usianya di bawah 19 tahun Bisa mengkonsumsi vitamin A sebesar 1200 mikrogram RAE atau sekitar 4000 IU per hari.
  • Sedangkan untuk ibu menyusui dengan usia 19 tahun ke atas, konsumsi vitamin A yang sesuai merupakan sekitar 1300 mikrogram RAE atau setara dengan 4330 IU per harinya.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A Bisa berpengaruh buruk di kesehatan janin, seperti terjadinya cacat lahir, serta keracunan hati di janin saat berada dalam kandungan.
  • Konsumsi vitamin A tak boleh lebih dari 3000 RAE atau tak boleh melebihi 1000 IU per harinya.
  • untuk kita ibu hamil, sebaiknya konsumsilah vitamin A dari sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin A. Usahakan jangan mengkonsumsi vitamin A yang berasal dari obat-obatan atau suplemen di karenakan Bisa berpotensi menyebabkan kelebihan asupan vitamin A.

Boga yang Mengandung Vitamin A


Konsumsi vitamin A yang disarankan merupakan vitamin A yang berasal dari sayur dan buah. Selain asupan vitamin A yang tetap terkontrol, konsumsi buah dan sayur saat kehamilan juga sangat bagus menjaga kondisi kesehatan ibu dan janin. Selain itu, vitamin A juga Bisa diperoleh dari sumber Boga hewani. Berikut ini beberapa jenis asupan Boga yang mengandung banyak vitamin A.

  • Beberapa sayuran mengandung vitamin A yang cukup banyak seperti manfaat wortel, cabai merah, bayam, kacang panjang, kangkung, sawi, tomat, manfaat brokoli, dan paprika.
  • Untuk buah-buahan, ada beberapa jenis buah yang kaya akan vitamin A, seperti manfaat buah naga, apel, mangga, manfaat anggur, manfaat buah pepaya, manfaat pisang, jambu biji, melon, semangka, belimbing, dan blewah.
  • Sedangkan untuk Boga hewani, beberapa asupan yang mengandung vitamin A merupakan daging ayam, daging bebek, hati ayam, hati sapi, ginjal domba, telur, susu, keju, dan ikan (seperti ikan cakalang, sarden, ikan tongkol, dan ikan gabus).
Itulah beberapa jenis Boga yang banyak mengandung vitamin A. Vitamin A untuk ibu hamil wajib dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan, supaya tak terjadi Imbas samping yang Bisa membahayakan kesehatan kita dan janin yang kita kandung.

Related Posts